Breaking News:

Empat Menteri Bahas Pengelolaan Perbatasan Negara dalam Webinar Forum Tematik Bakohumas BNPP

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelenggarakan Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan dengan mengusung...

For Serambinews.com
Mendagri Muhammad, Tito Karnavian dan Menko Polhukam, Mahfud MD. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelenggarakan Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan dengan mengusung tema “Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju.” Webinar dilaksanakan Kamis, (17/9/2020), bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-10 BNPP.

Empat menteri akan memberikan materi, yakni Menko Polhukam/Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD, Mendagri/Kepala BNPP Muhammad Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menkominfo Johnny G Plate.

BNPP dibentuk sebagai upaya pemerintah untuk lebih fokus dalam membangun dan mengelola batas wilayah negara dan kawasan perbatasan, melalui Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara.

“Diharapkan perbatasan negara akan menjadi beranda depan NKRI," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, di Kantor BNPP, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

Langkah operasional UU ini ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 yang selanjutnya diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2017 tentang Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sebelas Pasien Reaktif Covid-19 Dirawat di Ruang Pinere RSUD Aceh Tamiang, Tunggu Hasil Swab Test

Tidak Memakai Masker, Tiga Warga Bener Meriah Mendapat Sanksi Sosial Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

BNPP memiliki tugas meliputi menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan rencana kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan, dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan.

Pelaksana teknis pembangunan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan dilaksanakan oleh Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan fungsinya berdasarkan rencana induk dan rencana aksi yang ditetapkan.

Webinar ini akan diikuti  1.000 orang peserta, baik hadir secara langsung maupun virtual melalui aplikasi zoom.

Para peserta terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian/Lembaga anggota BNPP; Gubernur 15 Provinsi kawasan perbatasan beserta Kepala Bappeda, Kepala Badan/Biro Perbatasan, Karo Humas dari Provinsi Kawasan Perbatasan Negara; Bupati/Walikota di 54 Kabupaten/Kota kawasan perbatasan beserta Ketua DPRD, Asisten Pemerintahan, dan Kepala Bappeda.

Selanjutnya Kepala Dinas yang membidangi urusan Pekerjaan Umum dan  Perhubungan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan,  Kehutanan, Kepala Badan/Bagian Perbatasan dan Kepala Bagian Humas; camat di 222 Kecamatan Lokasi Prioritas Kawasan Perbatasan Negara; Pejabat di Lingkungan Kemendagri dan BNPP; Anggota Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas); Anggota Institute for Border Studies Millennial Think Tank (IBS-MTT) serta masyarakat pemerhati perbatasan negara.(*)

Aceh Cetak Rekor Pasien Covid Meninggal, Kasus Positif Hari Ini 95 Orang, Total Terpapar 3.126 Orang

20 Tahun Lalu, Rektor UIN Ar Raniry Prof Safwan Idris Ditembak Dua OTK, Pelaku Belum Terungkap

Harga Emas Menyentuh Angka Rp 3 Juta Per Mayam

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved