Breaking News:

Berita Abdya

Bantuan Modal Usaha untuk 1.970 Pelaku UMKM di Abdya Sudah Cair, Silakan Cek Rekening Masing-masing

Jumlah UMKM tersebut, jelas Firmansyah, merupakan hasil pengusulan tahap ketujuh dari Dinas Koperasi UKM dan Perindag Abdya.

Serambi Indonesia
Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Abdya mengurus bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta, Kamis (17/9/2020), di Dinas Koperasi UKM dan Perindag Abdya. 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Sebanyak 1.978 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta per orang dari Kementerian Koperasi dan UKM.

"Jumlah total UMKM di Abdya yang menerima modal usaha sebanyak 1.970 pelaku usaha," ujar Plt Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Abdya, Firmansyah ST kepada Serambinews.com, Kamis (17/9/2020).

Jumlah UMKM tersebut, jelas Firmansyah, merupakan hasil pengusulan tahap ketujuh dari Dinas Koperasi UKM dan Perindag Abdya.

"Iya, seluruh data yang masuk langsung kita kirim. Memang datanya per tahap, karena tidak mungkin sekaligus mengingat kuota yang diberikan bertahap," sebutnya.

Ia menyebutkan, usulan data pelaku UMKM di Abdya tidak saja dilakukan oleh pemkab, tetapi ada juga yang diusulkan melalui bank.

Empat Jembatan Rangka Baja di Lintas Jantho-Lamno Dibangun Tahun Ini, Serap APBA Rp 34,7 Miliar

Fakta Baru Polisi Tewas Bersimbah Darah di Pondok Ranggon, Ada Luka di Punggung Briptu Andry

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Aceh Barat 53 Orang, 4 di Antaranya Meninggal, 27 Sembuh 

"Setelah kita terima data UMKM, kemudian kita kirim ke BPKP untuk diverifikasi agar tidak ada data ganda. Setelah itu, baru dikembalikan lagi ke kita dan baru kita kirim ke Kementerian," terangnya.

Menurut Firmansyah, bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah pusat untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya.

Di samping itu, juga bertujuan untuk membantu modal usaha agar produktivitas UMKM semakin lebih baik dan berkembang, di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Pen) menargetkan ada 12 juta UMKM di seluruh Indonesia yang dibantu modal usahanya," tutur Firmasyah.

Ia juga menjelaskan, setiap pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut, dananya langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Anggota DPR RI Dukung Polda Tuntaskan Kasus Korupsi, Ini Harapan Dek Gam Kepada Kapolda Wahyu Widada

Ruangan Khusus Pasien Reaktif dan Positif Covid-19 di RSU Cut Meutia Aceh Utara Penuh 

New York Alami Krisis Anggaran Parah, Wali Kota dan Ratusan Staf Balai Kota Terancam Dirumahkan

"Syarat pelaku UMKM penerima bantuan modal usaha adalah, menyiapkan permohonan dengan dilengkapi KTP, KK, dan memiliki usaha mikro, dan izin usaha, serta menyertakan fotokopi rekening," pungkasnya.(*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved