Breaking News:

Berita Bireuen

Tim Kemenkes dan RSUD Adam Malik Kunjungi RSUD Bireuen

Tim Kemenkes dan RSUD Adam Malik memberikan masukan menyangkut upaya penurunan angka AKI dan AKB kepada pihak RSUD Bireuen.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Tim Kemenkes dan RSU Adam Malik serta Dinkes Aceh, Selasa 01/12/2020) melakukan pertemuan dengan jajaran RSUD Bireuen menyangkut penurunan angka kematian ibu dan bayi. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Tim dari Kementerian Kesehatan RI bersama tim dari RSUD Adam Malik, Selasa (01/12/2020) melakukan kunjungan pendampingan ke RSUD Bireuen dalam rangka melihat pelayanan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)  di Bireuen.

Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr Amir Addani M Kes kepada Serambinews.com mengatakan, kehadiran Kasubbid Maternal dan Neonatal Kemenkes RI )  dr Nida Rochmawati MPH bersama Direktur RSU Adam Malik Dr Zainal Safry Sppd Spkjk (k) dan juga dokter spesialis anak dan obgin serta  didampingi Kabid Kesmas Dinkes Aceh dr Sulasmi adalah bagian dari pendampingan serta melihat berbagai fasilitas pelayanan ibu dan anak.

Secara umum kata Amir Addani, tim tersebut adalah tim pendampingan rumah sakit kabupaten/kota dalam upaya penurunan AKI dan AKB tahun 2020 di RSUD Bireuen.

Mereka selain melihat berbagai fasilitas di rumah sakit juga melakukan pertemuan dan mendapat berbagai masukan dan informasi dalam hal pelayanan ibu dan anak.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kadiskes Bireuen, Direktur RSUD Bireuen memaparkan gambaran fasilitas pelayanan ibu dan anak yang sudah dimiliki, program serta pelayanan yang telah dilakukan selama ini.

Dalam kegiatan pertemuan, sejumlah dokter anak diberi kesempatan menyampaikan masukan, saran dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak. 

Disebutkan, RSUD Bireuen telah berupaya menurunkan Angka Kematian Neonatal (AKN)  dan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), tim memberikan berbagai masukan menyangkut upaya penurunan angka AKI dan AKB.

Baca juga: Tersangka Pembacok Ayah Kandung Dibawa ke UPIP RSUD Bireuen

Baca juga: Program Germas Rambah Bireuen, Puluhan Ribu Masker Disebarkan ke Ratusan Sekolah

Baca juga: Tersisa 11 Orang Lagi Warga Bireuen Isolasi dan tak Ada Penambahan Warga Terkonfirmasi Covid-19

Disebutkan, di Bireuen  tahun 2019 angka kematian ibu di Bireuen tercatat  16 orang dan tahun 2020 hingga 1 Desember 2020  tercatat 12 orang. Sedangkan angka kematian bayi  tahun 2019 berjumlah 26 orang dan tahun 2020 hingga 1 Desember berjumlah  27 orang.

Sedangkan di RSUD Bireuen, selama tahun 2020 jumlah  kematian ibu sebanyak lima kasus, jumlah kematian neonatal  25 kasus, jumlah kematian bayi 10 kasus dan kematian balita  dua kasus.

Hadirnya tim dari Kemenkes RI, RS Adam Malik Medan kata Amir Addani adalah bagian dari perhatian Kementerian Kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi.(*)

Baca juga: Kim Jong Un dan Pejabat Tinggi Korea Utara Dikabarkan Telah Disuntik Vaksin Covid-19 dari China

Baca juga: Tahniah! Aceh Jaya Raih Dua Penghargaan dari Kemenkumhan RI, Begini Penilaiannya

Baca juga: Jangan Lakukan Ini untuk Program Diet dengan Lemon untuk Mendapat Hasil Maksimal

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved