Breaking News:

Jurnalisme Warga

Pentingnya ‘Me Time’ Saat Mental ‘Down’

Bekerja merupakan kegiatan yang paling banyak menguras waktu. Seringkali tidak ada waktu untuk bersantai, berinteraksi dengan orang terdekat

Pentingnya ‘Me Time’ Saat Mental ‘Down’
IST
MUHAMMAD RAYYAN AL GHIVARI, Mahasiswa Jurusan Manajemen (Kelas Internasional) dan Juara Favorit Duta GenRe Provinsi Aceh 2019 Putra, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH MUHAMMAD RAYYAN AL GHIVARI, Mahasiswa Jurusan Manajemen (Kelas Internasional) dan Juara Favorit Duta GenRe Provinsi Aceh 2019 Putra, melaporkan dari Banda Aceh

Dewasa ini orang-orang terutama yang hidup di kawasan perkotaan, waktu sangatlah berharga. Bekerja merupakan kegiatan yang paling banyak menguras waktu. Seringkali tidak ada waktu untuk bersantai, berinteraksi dengan orang terdekat bahkan menyenangkan diri sendiri.

Padahal, berinteraksi dengan orang terdekat dan menyenangkan diri sendiri memiliki pengaruh positif  bahkan menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres dan kesedihan yang selalu dialami. Oleh sebab itu, seseorang harus bisa meluangkan waktunya untuk diri sendiri, yaitu Me Time.

Banyak sekali orang yang belum mengerti seberapa penting Me Time bagi kesehatan mental. Hanya beberapa orang yang mengerti pentingnya Me Time  bagi kesehatan mental, tetapi mereka berpikir bahwasanya Me Time membutuhkan banyak uang. Hal ini disebabkan Me Time yang mereka pikirkan ialah berlibur ke suatu tempat sendirian. Sedangkan Me Time tersebut bisa dilakukan dengan cara lebih sederhana.

Arti  Me  Time  yang  sesungguhnya  ialah  meluangkan waktu   sejenak  untuk   fokus kepada   diri   sendiri   tanpa   melibatkan   orang   lain.   Jenis   kegiatannya   cukup   bervariasi, tergantung kegiatan apa yang membuat sesorang merasa senang dan nyaman. Me Time bisa dilakukan secara sederhana, yaitu hanya duduk di suatu tempat yang kita inginkan dan tidak perlu berlibur ke luar kota. Meluangkan waktu sebentar untuk diri sendiri sangatlah penting untuk kesehatan mental.

Selama ini, banyak orang yang salah menanggapi makna dari  Me Time tersebut.  Banyak   orang yang   mengira bahwa   meluangkan   waktu  untuk  diri sendiri dilakukan   dengan   menjauhkan   diri   dari   lingkungan   (antisosial)   disertai   kesepian   dan kesedihan.   Ada   beberapa   orang   juga   merasa   bersalah   meluangkan   waktu   sendirian, sedangkan mereka dikelilingi oleh orang terdekatnya.

Terdapat tujuh tanda tanda bahwa tubuh membutuhkan Me Time, yaitu ktakutan ketika handphone berdering; terlalu cemas bahkan sampai hal terkecil; sering merasa lelah meskipun telah cukup tidur; sering sakit; semua orang dianggap mengganggu; sering frustrasi tanpa sebab; dan makan berlebihan.

Ada beberapa tips melakukan Me Time yang sederhana, tetapi tetap bermanfaat. Meskipun melakukan  Me Time  tidak bisa dilakukan mengunjungi ke tempat yang kita inginkan, kita bisa melukan Me Time di rumah sendiri, yaitu dengan cara duduk di teras rumah dan siapkan camilan dan minuman. Camilan tersebut merupakan camilan kesukaan dan minuman bisa kopi, teh, maupun susu. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan ialah membaca, menonton film, dan mendengarkan musik sendirian di dalam kamar.

Melakukan Me Time tidak perlu lama-lama, Me Time bisa dilakukan selama 30 menit. Waktu yang baik untuk Me Time ialah pagi dan sore hari.Yang perlu ditekankan ialah hal yang paling penting bukanlah durasi  Me Time, melainkan konsistensinya.   Selama  Me   Time  jangan   lakukan   pekerjaan   apa pun   yang   menyangkut pekerjaan  maupun PR.  

Saat  pertama-tama  kali  memulainya,  kalian  akan  merasa  bersalah, sebab banyak pekerjaan yang diabaikan, tapi ambil manfaat Me Time setelahnya. Saat MeTime, matikan handphone yang bisa menghambat aktivitas Me Time dan fokuslah pada diri sendiri.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved