Breaking News:

Fenomena Tanah Bergerak

Gerakan Tanah di Gampong Lamkleng, Kuta Cot Glie Tergolong Aktif, Warga Dianjurkan Cari Tempat Aman

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh juga menurunkan tim survei geologi ke Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar

FOR SERAMBINEWS.COM
Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh juga menurunkan tim survei geologi ke Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Rabu (13/1/2021) siang 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh juga menurunkan tim survei geologi ke Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Rabu (13/1/2021) siang.

Ini adalah tim ketiga yang tiba di lokasi tanah bergerak itu, Rabu siang, setelah ketibaan tim dari Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala (USK) dan tim survei geologi dari Program Studi (Prodi) Teknik Geologi Fakultas Teknik USK.

Kepala Dinas ESDM Aceh, Ir Mahdinur MM yang dihubungi Serambinews.com, Rabu malam, mengatakan Gampong Lamkleng dan sekitarnya merupakan daerah perbukitan bergelombang dengan sudut kelerengan antara 20º sampai 35º.

Berdasarkan Peta Geologi Lembar Banda Aceh, daerah Lamkleng termasuk ke dalam endapan aluvial (Qh), berupa endapan sungai (Krueng Aceh) yang berwarna cokelat kehitaman, ukuran butir lempung sampai lanau, tidak terkonsolidasi dengan baik atau bersifat gembur.

Baca juga: Hasil Survei Geologi, Tanah di Gampong Lamkleng, Kuta Cot Glie Bergerak Secara Rotasional

Kedalaman muka air tanah di desa tersebut ± 10 meter dan dijumpai rembesan air tanah dari lereng.

Pergerakan tanah terjadi pada daerah permukiman warga sekitar pinggir Krueng Aceh dengan ketebalan soil diperkirakan lebih dari 15 meter.

"Dimensi blok longsor (100 m x 100 m) dengan arah umum pergerakan N 190° E, dan telah mengalami penurunan lebih dari 50 sentimeter," kata Mahdinur.

Menurut Mahdinur, kemungkinan terjadinya pergerakan massa tanah ke arah bawah di Gampong Lamkleng sangat tinggi.

Halaman
1234
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved