Breaking News:

Berita Abdya

Cegah Karhutla, BPBD Imbau Masyarakat Abdya Jangan Bakar Hutan Saat Buka Lahan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau seluruh masyarakat setempat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Ilustrasi kebakaran hutan.(ABC) 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau seluruh masyarakat setempat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Abdya, Amiruddin, SPd merespons terkait musim kemarau yang melanda sejak sepekan terakhir di "Bumoe Breuh Sigupai" tersebut.

“Iya, sejak dua pekan saat ini, suhu di Abdya sangat panas, namun belum berpotensi membahayakan,” ujar Kalak BPBD Abdya, Amiruddin, SPd.

Menurut Amir, kondisi kemarau yang panjang tentu dapat berpotensi dan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, sehingga diperlukan kesadaran dari seluruh kalangan masyarakat agar tidak membakar lahan dan hutan.

Baca juga: VIDEO Korps Paskhas TNI AU Latihan Terjun dari Ketinggian 8000 Kaki di Lanud SIM Blangbintang

Baca juga: 145 Calon Pejabat Eselon II Pemerintah Aceh Dites Psikometri, Dua Tak Hadir, Ini Tahapan Berikutnya 

Baca juga: Lapas Narkotika Langsa Bantuk Tim Sat Ops Patnal untuk Sterilkan Pemakaian HP dan Narkoba oleh Napi

“Termasuk bagi masyarakat yang akan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar. Hal inilah yang terus kami ingatkan agar tidak ada upaya pembakaran lahan maupun hutan, karena tindakan itu sangat berbahaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Amir menerangkan, kebakaran hutan dan lahan akan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik.

“Selain itu, asap bisa mengganggu jarak pandang, terutama untuk transportasi penerbangan,” sebut Kalak BPBD Abdya ini.

Halaman
123
Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved