Breaking News:

Berita Aceh Timur

Dit Resnarkoba Polda Aceh Limpahkan 8 Tersangka Kasus 81 Kg Sabu ke Jaksa Aceh Timur

Penyidik Dit Resnarkoba Polda Aceh, Jumat (26/2/2021) tadi menyerahkan 8 tersangka dalam kasus tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu seberat 81...

For Serambinews.com
Penyidik Dit Resnarkoba Polda Aceh, Jumat (26/2/2021) tadi menyerahkan 8 tersangka dalam kasus tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu seberat 81 kg, dan 20 kg pil ektasi ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Negeri Aceh Timur. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Penyidik Dit Resnarkoba Polda Aceh, Jumat (26/2/2021) tadi menyerahkan 8 tersangka dalam kasus tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu seberat 81 kg, dan 20 kg pil ekstasi ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Negeri Aceh Timur.

Kajari Aceh Timur, Abun Hasbulloh Syambas SH MH, melalui Kasi Pidum, Ivan Najjar Alavi SH MH, mengatakan, dalam kesempatan itu, penyidik menyerahkan 8 tersangka beserta sejumlah barang bukti, diantaranya sabu-sabu dan pil ekstasi hasil penyisihan dari 81 kg sabu-sabu, dan 20 kg pil ekstasi, tiga unit mobil, 2 seperti motor, dan boat yang mana barang bukti untuk pembuktian dalam proses persidangan nantinya.

“Saat ini, para tersangka sudah kita titipkan di lembaga pemasyarakatan Kelas II B Idi, dan kita akan segera mempersiapkan pelimpahan berkas ke Pengadilan Negeri Idi,” ungkap Ivan Najjar.

 

Kronologis Penangkapan

Seperti diberitakan Sebelumnya, tim gabungan Dit Res Narkoba Polda Aceh dan Polres Aceh Timur, berhasil mengamankan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 81.000 gram, dan 20 bungkus pil ekstasi dari 9 pelaku dalam penangkapan yang terjadi di wilayah hukum Polres Aceh Timur, pada Jumat (30/10/2020) lalu.

Saat itu, tim gabungan juga berhasil mengamankan, 9 terduga pelaku dalam tindak pidana narkotika ini. Dan salah pelakunya meninggal dunia karena terkena tembakan.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, penangkapan tersebut berawal Kamis (29/10/2020) sore, tim gabungan memperoleh informasi akan ada pengiriman narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi dari Aceh Timur ke Kota Langsa menggunakan mobil Innova.

Kamis malam pukul 24.00 WIB, Innova yang membawa narkoba itu keluar dari tempat persembuyiannya dan melaju ke arah Langsa dengan kencang.

Lalu, tim gabungan langsung mengikutinya, dan melakukan pengejaran setiba di jalan raya Banda Aceh – Medan, tepatnya di Desa Bagok, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, petugas melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap mobil Kijang Innova BK 1055 RN dan mengamankan dua tersangka, AR dan AS, serta mengamankan, 4 karung goni dari dalam Innova yang berisi 81 bungkus sabu-sabu dan 20 kg pil ektasi.

Diakui kedua pelaku, di depan mereka saat itu sudah melaju dua mobil sebagai pengintai jalan, yaitu mobil Ertiga warna putih, dan Honda Jazz warna hitam.

Selanjutnya, mobil Ertiga yang dikemudikan LM berhasil diamankan di Simpang Empat Lampu Merah, Kota Idi.

Selanjutnya, mobil Honda Jazz yang dikemudikan, KH, dan NZ berhasil ditangkap di jembatan Peureulak.

Kemudian, ke-5 pelaku dibawa ke Polsek Darul Aman, Idi Cut, dan kembali melakukan pengembangan ke Kecamatan Simpang Ulim.

Selanjutnya, dari Kecamatan Simpang Ulim, tim gabungan berhasil mengamankan MN sebagai penjemput narkoba ke Malaysia, kemudian menangkap HD sebagai penyedia boat, serta menangkap IB sebagai pelangsir narkoba tersebut dari laut ke darat.

Kemudian, ke-8 tersangka beserta barang buktinya saat itu dibawa ke Kantor Dit Resnarkoba Polda Aceh untuk proses penyelidikan lebih lanjut.(*)

 

Baca juga: Direktur Dayah DQA Isi Tausiah untuk Jamaah Barakah Dewan Dakwah Pidie

Baca juga: DPR Lakukan Vaksinasi dengan Menerapkan Protkes Ketat

Baca juga: Dandim 0107/Aceh Selatan Kembali Lakukan Vaksinasi Covid-19 Tahap ke II

 

Penulis: Seni Hendri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved