Breaking News:

Berita Aceh Barat

Menjelang Ramadhan, Harga Tomat Masih Normal di Meulaboh, Cabai dan Bawang Merah Merangkak Naik

Harga tomat masih bertahan di Rp 8 ribu per kilogram, sedangkan sejumlah bahan dapur lainnya seperti cabai dan bawang merah kini mulai naik.

Serambi Indonesia
Pembeli melihat kondisi harga tomat di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang saat ini harganya masih bertahan di Rp 8 ribu per kilogram. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik, kecuali harga tomat yang saat ini masih terlihat normal.

Harga tomat masih bertahan di Rp 8 ribu per kilogram, sedangkan sejumlah bahan dapur lainnya seperti cabai dan bawang merah kini mulai terjadi kenaikan harga.

Tingginya permintaan bumbu dapur menjelang bulan Ramadhan ini membuat sebagian masyarakat mengeluh, sehingga membatasi pembelian bahan pokok tersebut.

Sejumlah harga bahan pokok di kawasan Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengalami kenaikan harga sejak tiga hari terakhir. 

Tingginya permintaan dan jumlah barang yang semakin menipis memicu naiknya harga bumbu dapur tersebut.

Baca juga: Turki Alami Inflasi Sampai 16 Persen, Jadi Tantangan Gubernur Bank Sentral Baru

Baca juga: Kabupaten Aceh Malaka Tinggal Tunggu ‘Kran’ Dibuka Pemerintah Pusat

Baca juga: Rapat Ban Sigom Donya Jebolan Tripoli & Eks Panglima GAM Digelar Tertutup, HP Dilarang Bawa Masuk 

Seperti kenaikan harga yang terjadi pada cabai merah dari harga Rp 30 ribu per kilogram merangkak menjadi Rp 50 ribu per kilogramnya.

Sedangkan bawang merah yang sebelumnya Rp 30 ribu, kini naik Rp 35 per kilogramnya, berikutnya harga bawang putih dari Rp 23 ribu naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

“Kami mulai membatasi pembelian bahan pokok seperti bawang dan cabai, karena mahalnya harga barang,” ujar seorang pelanggan.

“Sebelumnya, sekali belanja bawang dan cabai 2 hingga 4 kilogram untuk kebutuhan rumah, sekarang kita hanya membeli setengah kilogram saja, bahkan terkadang seperempat saja,” lanjut Suriati, warga Meulaboh saat ditemui wartawan di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Senin (5/4/2021).

Selain itu juga, harga pada sayur-sayuran juga terjadi kenaikan akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan para petani di wilayah setempat tidak bisa panen dengan hasil maksimal saat ini.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Dafa menjelaskan, bahwa untuk bawang merah, cabai dan bawang putih saat ini memang sedang mengalami kenaikan.

Baca juga: Hindari Penularan Covid-19, 276 Pegawai Kejati Aceh Ikut Vaksinasi

Baca juga: Satu Rumah di Desa Penosan Blangjerango Gayo Lues Terbakar, Enam Lainnya Rusak Ringan 

Baca juga: Undang-Undang Disahkan, Vladimir Putin Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Rusia Lagi

Sedangkan sejumlah barang lainnya seperti tomat itu masih dalam kondisi stabil belum ada kenaikan.

Disebutkan dia, pihaknya melakukan persediaan bawang merah setiap minggu sekitar 1 ton.

“Permintaan kebutuhan bahan-bahan dapur saat ini semakin tinggi, terutama menjelang meugang dan bulan Ramadhan yang sudah dekat ini,” jelasnya.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved