Breaking News:

Berita Aceh Utara

Lima Ulama Aceh Sampaikan Hasil Kajian Soal Pembangunan Masjid Baru, Begini Kesimpulannya

Kajian tersebut diadakan Majelis Pengajian Tasawuf Tauhid dan Fiqh atau Tastafi Aceh Utara di Dayah Babussalam, Matangkuli, Rabu (7/4/2021). 

For Serambinews.com
Majelis Pengajian Tasawuf Tauhid dan Fiqh (Tastafi) Aceh Utara, Rabu (7/4/2021), mengadakan kajian di Dayah Babussalam Matangkuli, Aceh Utara. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Mubahatsah atau kajian ilmiah para ulama Aceh menyimpulkan masjid lama yang ditinggalkan karena pembangunan Masjid baru, wajib dilestarikan. 

Kajian tersebut diadakan Majelis Pengajian Tasawuf Tauhid dan Fiqh atau Tastafi Aceh Utara di Dayah Babussalam, Matangkuli, Rabu (7/4/2021). 

Kesimpulan tersebut merupakan hasil mubahatsah Tastafi ke-5 yang dikeluarkan setelah ditashih oleh lima ulama senior Aceh usai berlangsungnya acara mubahatsah tersebut.  

Kelima ulama senior yang terlibat sebagai pentashih yaitu Tgk H Abdul Manan Ahmad (Abu Manan Blangjruen) dan Abi Ja’far Lhoknibong.

Kemudian, Drs Tgk H Daud Hasbi, MAg (Abi Daud Hasbi), Tgk Nuruddin (Abati Buloh), dan Tgk H Muhammad Amin Daud (Ayah Cot Trueng) yang merupakan Ketua Umum Majelis Tastafi Aceh.

Baca juga: Sudah Diberi Stimulus, Airlangga Ingatkan Pengusaha Wajib Bayar THR

Baca juga: VIDEO - Pemberontak Separatis Bersihkan Ranjau dan Amunisi di Ukraina

Baca juga: ZA Beli Senjata dari Muchsin Kamal via Online

Dalam kesimpulan lengkap hasil mubahatsah ini, pertama dijelaskan bahwa, membangun Masjid baru (dengan meninggalkan Masjid lama) dibolehkan. 

Kecuali jika (membangun Masjid baru ini) bertujuan untuk membanggakan diri, riya, sum’ah atau maksud lain yang bukan karena Allah dan bukan hajat Masjid atau dibangun dengan harta haram.

Kemudian pada poin kedua, dijelaskan Masjid lama yang ditinggalkan (karena membangun Masjid baru), wajib dilestarikan.

Lalu, pada poin ketiga disebutkan, yang bertanggung jawab melestarikan Masjid lama adalah nadhir. 

Halaman
12
Penulis: Jafaruddin
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved