Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Bupati Aceh Tengah Setuju Takengon Dimekarkan Jadi Kota Takengon

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar setuju Takengon dimekarkan jadi Kota. Usulan tersebut diwacanakan sejak lama, karena memang sudah memenuhi....

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar. 

 
Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar setuju Takengon dimekarkan jadi Kota. Usulan tersebut diwacanakan sejak lama, karena memang sudah memenuhi syarat.

Bupati Sabela mengatakan hal itu menjawab Serambinews.com,di sela-sela kunjungan ke Pesantren Rumah Quran Umar Bin Khattab,  Bogor, Kamis (8/4/2021) malam.

"'Takengon sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan jadi Kota Takengon," katanya menanggapi munculnya wacana pemekaran yang diutarakan sejumlah tokoh di Gayo maupun luar Gayo. 

Tapi Sabela mengingatkan, pemekaran Kota Takengon harus benar-benar dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan kota tersebut.

"Jangan sampai nanti, muncul soal kekuasaan. jadi akhirnya ribut tentang jabatan. Bukan itu tujuannya. Tapi untuk pembangunan," katanya.

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi sebelumnya menyebutkan Takengon sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan jadi Kota. Ia berjanji  mendukung dan mendorong ke arah itu.

"Kita akan bantu, sebab memang syaratnya sudah terpenuhi," kata senator asal Aceh ini.

Tokoh masyarakat Gayo, H Muchlis Gayo sebelumnya mengusulkan pemekaran Kota Takengon dalam acara "BincangKopi #6 Musara Gayo" dengan narasumber Ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega. Muchlis minta Ketua DPRK mulai mengambil langkah-langkah mendukung pemekaran tersebut.

"Dengan adanya pemekaran, maka pembangunan dan pengembangan Kota Takengon jadi lebih fokus. Juga akan berimbas sangat baik kepada daerah-daerah di luar Takengon, Selama ini fokus perhatian lebih besar untuk Takengon, daerah pinggiran tertinggal," katanya. Ketua DPRK Arwin Mega mengatakan siap menindaklanjuti aspirasi tersebut dan mendukungnya.

Wacana pemekaran Kota Takengon sudah disetujui saat kepemimpinan Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Tapi entah kenapa suara pemekaran Kota Takengon menjadi redup kembali dan tidak ditindaklanjuti. Bupati Shabela Abubakar juga mengakui pernah mendengar wacana pemekaran lima atau enam tahun silam. "Sekarang ini memang saatnya untuk dimekarkan jadi Kota Takengon," tukas bupati.(*)
 

Baca juga: Perdana Sejak 1989, Dayah MUQ Pagar Air Gelar Tasmi’ dan Syahadah Hafalan Quran 30 Juz

Baca juga: Jelang Puasa Ramadhan 2021, Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh Masak Kuah Beulangong

Baca juga: Fadli Zon Kritik Soal Pemerintah Ambil Alih TMII: Jangan Sampai Dijual untuk Bayar Hutang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved