Breaking News:

Kupi Beungoh

Kunjungan Ramadhan ke AD Pirous: Menyaksikan Seniman Bertasbih dan Berzikir (I)

Sekalipun hampir seluruh mukanya tertutup, namun di ujung matanya dan di dahinya, nampak  rona senang dan ramah.

Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/Handover
Sosiolog Aceh, Ahmad Humam Hamid, berkunjung ke galery lukisan seniman Indonesia asal Aceh, Abdul Djalil Pirous (AD Pirous), di kawasan Dago Pakar, Bandung, April 2021. 

Ahmad Humam Hamid*)

“Bergulir dan mengalir”, itulah coretan kecil yang ditulis oleh Iwan Maulana Pirous, anak lelaki AD Pirous di salah satu sudut masuk ke galery lukisan AD Pirous, di kawasan Dago Pakar, Bandung.

Tiba-tiba dari lantai atas turun seorang lelaki mengenakan sweater merah hati, memakai topi Sherlock Holmes, dengan muka yang dibalut  masker ketat, dan kacamata.

Sekalipun hampir seluruh mukanya tertutup, namun di ujung matanya dan di dahinya, nampak  rona senang dan ramah.

Senyum itu adalah keramahan anak Meulaboh, sang maestro, dan the living legend, seniman kaligrafi kelas dunia, Abdul Djalil Pirous.

Kemarin, tanggal dua Ramadhan saya mendapat rahmat Allah SWT, berkunjung ke galery AD Pirous, dan sangat merasa terhormat mendegar penjelasannya tentang lukisannya, dan tentang imajinasi sufistiknya terhadap yang Maha Agung melalui seni.

Keberuntungan itu tidak lepas dari kebaikannya terhadap menantu saya yang tinggal di Bandung, yang juga secara kebetulan mahasiswanya ketika menyelesaikan studi seni rupa di ITB Bandung.

Itu adalah salah satu hadiah Ramadhan terbaik dalam hidup yang pernah saya alami.

Sukar menjelaskan tentang kata “hadiah terbaik”, karena memang tak ada kata yang mampu menjelaskan tentang sebuah “pengembaaraan rohani” dalam tempo kurang dari satu jam melalui berbagai eskpresi seni lukis yang menghunjam sukma.

Awalnya, hanya tiga kata kunci yang ada di benak saya tentang lukisan Pirous, Keesaan, Kemahakuasaan, dan Kemurahan Allah SWT.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved