Breaking News:

Si Penista Agama Jozeph Paul Pernah Jual Perangkat Komputer, Sempat Kontrak Rumah di Salatiga

Kemudian sekira tahun 2017 berdasarkan catatan pernah membuat KTP Kota Salatiga meski tinggal berpindah-pindah.

YouTube Jozeph Paul Zhang
Jozeph Paul Zhang Ngaku Nabi ke-26 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Polres Salatiga turut menyelidiki kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan pemilik akun YouTube Jozeph Paul Zhang.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan dari informasi awal pelaku pernah tinggal di Salatiga karena sedang studi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

"Pelaku kuliah di Jurusan Pertanian sekira tahun 1997. Karena data lama, apakah sampai lulus atau tidak, kami masih koordinasi dengan UKSW. Lalu sejak 2012 meninggalkan Salatiga dan melanjutkan kuliah teologi di luar negeri," terangnya di Mapolres Salatiga, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021).

Dari hasil informasi yang dikumpulkan, Jozeph Paul Zhang bernama asli Paul Sri Mulyono. Domisili saat kuliah di Perum Dliko Indah Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah, dengan status mengontrak rumah.

Baca juga: Ulama Aceh Harap Kasus Jozeph Paul Zhang Ditangani Serius, Atau Islam Akan Dijadikan Bahan Gurauan

Baca juga: Polri Gandeng Interpol Buru Jozeph Paul Zhang Nabi ke-26, Sudah Tinggalkan Indonesia Sejak 2018

Baca juga: Fakta Jozeph Paul Zhang Ngaku Nabi ke-26, Kini Tinggal di Jerman, Polri Gandeng Interpol Cari Pelaku

Rahmad menambahkan, yang bersangkutan asli warga Tegal. Kemudian sekira tahun 2017 berdasarkan catatan pernah membuat KTP Kota Salatiga meski tinggal berpindah-pindah.

"Jadi dari data itu ditemukan yang bersangkutan warga Salatiga. Tetapi tahun 2018 sesuai data imigrasi telah meninggalkan Indonesia. Hasil penelusuran kami tidak ada keluarga tinggal di Salatiga, hanya orangtua di Tegal," katanya

Kapolres Salatiga mengimbau masyarakat dan tokoh-tokoh agama tetap tenang, tidak terprovokasi informasi dan hal lain dari Jozeph Paul Zhang. Dia menegaskan penyidikan sepenuhnya ditangani Bareskrim Mabes Polri.

Terpisah, Ketua RW 11 Perum Dliko Indah Kelurahan Blotongan Zainal Abidin menyatakan tidak mengenal Jozeph Paul Zhang atau Paul Mulyono. "Saya tinggal di lingkungan sini sejak 1987. Warga yang dimaksud (Paul Zhang) tidak ada. Jika pun mengontrak di data kami pasti ada," ujarnya.

Zainal Abidin baru menjabat ketua RW sejak tahun 2019. Dia secara personal juga telah menanyai pemilik rumah yang diduga pernah menjadi tempat tinggal Paul Zhang.

Baca juga: Indonesia Berpotensi Seperti India, Jika Mutasi Covid-19 B117 Lebih dari 50 Persen

Baca juga: Ustaz Salim Ghazali, Imam Masjid Istiqlal Isi Kegiatan Ramadhan di Aceh

Baca juga: BPMA dan Medco Paparkan Penanganan Warga Terdampak Bau Gas ke DPRA

Menurut pemilik, rumahnya tidak pernah dikontrakkan kepada siapa pun. Zainal pun terkejut membaca berita yang menyebut lingkungannya pernah ditempati Paul Zhang.

"Total di sini ada 6 RT atau 99 Kepala Keluarga (KK). Setahu saya dulu ditempati seorang pendeta dan sudah meninggal bersama anaknya perempuan. Jadi tidak ada itu (Paul), para tetangga juga saya tanya, pak RT juga," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Said Kamaruzzaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved