Breaking News:

Berita Banda Aceh

Keturunan Sultan Siak Riau Kunjungi Rumah Cek Midi di Banda Aceh, Telusuri Sejarah Dengan Sepeda

Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid di Banda Aceh

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid (kiri) di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021) 

SERAMBINEWS.COM - Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021). 

Kepergian Tengku Habibie dari Pekanbaru Riau ke Aceh dengan menggunakan sepeda selama 16 hari dalam perjalanan.

Gowes ini dalam rangka napak tilas Jejak Perjuangan Sultan Syarif Kasim II dalam mendukung NKRI, dimulai dari Pekanbaru dan berakhir di KM 0 Pulau Weh Sabang.

Setelah misi itu tercapai, Tengku Habibi atas rekomendasi dari saudara sepupunya Letkol Tengku Soni Sonatha (Dandim Pidie 0102) untuk dapat bersilaturahmi dengan Cek Midi di Banda Aceh.

Pesan ini disampaikan Dandim Pidie Letkol Tengku Soni Sonatha kepada Tengku Habibie.

Baca juga: Benteng Batee Iliek Jatuh, Sultan Aceh Bawa Kuda Putih dan Kambing Putih Saat Diselamatkan ke Gayo

Baca juga: Makmeugang di Aceh antara Tradisi, Martabat dan Kesempatan Berbagi

Dalam kunjungan tersebut Tengku Habibie merasa sangat istimewa dapat berjumpa dengan tokoh Aceh ini yang namanya membahana dikalangan bangsawan Melayu Riau itu.

Selanjutnya Tengku Habibie meminta bahan dan informasi sejarah kepada Cek Midi tentang informasi keberadaan Sultan Syarif Kasim II antara tahun 1946-1948 di Kutaraja pada waktu itu.

Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021)
Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021) (FOR SERAMBINEWS.COM)

Dalam diskusi tersebut, Cek Midi menjawab dan memberikan informasi sejarah tentang sejumlah Ulama dan Tokoh Aceh pada era pascakemerdekaan RI itu.

Dimana Sultan Syarif Kasim II dari Siak Riau ini disembunyikan di Kutaraja dari rencana-rencana orang jahat terhadap Sultan Riau ini.

Baca juga: Nisan Kuno Peninggalan Abad 18 Terkena Proyek Tol Sibanceh, Diduga Makam Ulama Era Kesultanan Aceh

Cek Midi mengatakan lebih rinci lagi nanti akan dilihat kembali pada catatan sejarah pemikiran ulama Aceh pascakemerdekaan Indonesia.

Setelah berbuka puasa bersama, Tengku Habibie begitu terpana melihat rumah pribadi Cek Midi ibarat sebuah Museum dengan berbagai macam benda-benda peninggalan sejarah sebagai koleksinya.

"Saya begitu lalai dan sedikit waktu bersama Cek Midi ini," pungkas Tengku Habibi.

Dalam sambutan di hadapan Tengku Habibi, Tarmizi mengatakan sangat gembira dan senang sekali pada malam ke lima belas ramadhan ini.

Baca juga: Kisah Inspiratif Jafar Insya Reubee, Eks Tukang Becak di Lhokseumawe yang Kini Jadi Toke di Malaysia

Karena mendapat tamu petualang musafir yang sangat istimewa dengan menggunakan transportasi sepeda dari Riau ke Aceh.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved