Breaking News:

Berita Kutaraja

Prof Syahrizal Isi Ceramah Nuzulul Quran di MRB, Kupas Alquran Sebagai Panduan Umat Hadapi Covid-19

Peringatan Nuzulul Quran ini menghadirkan Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sebagai penceramah.

Penulis: Subur Dani | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry . 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam selaku Penyelenggara Peringatan Hari-Hari Besar Islam (P3HBI) Aceh menggelar peringatan Nuzulul Quran 1442 Hijriah, di Masjid Raya Baiturrahman atau MRB, Banda Aceh, Rabu (28/4/2021) malam.

Peringatan Nuzulul Quran ini menghadirkan Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sebagai penceramah sebelum Shalat Tarawih dilaksanakan.

Dalam ceramahnya, Prof Syahrizal menyampaikan, bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan yang di dalamnya Allah SWT menurunkan Kitab Suci Alquran melalui perantara Malaikat Jibril AS kepada Nabi Muhammad SAW.

Turunnya Alquran pada malam 17 Ramadhan atau 13 tahun sebelum Hijriah tersebut adalah salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah umat manusia.

Secara berangsur-angsur Alquran diturunkan dalam berbagai peristiwa hingga menjadi lembaran kitab suci bagi umat Islam dan menjadi petunjuk dan pembeda hak dan bathil dalam mengarungi kehidupan.

Baca juga: VIDEO Tiga Tersangka Kasus Korupsi Program Hafiz di Gayo Lues Ditahan Polisi

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Cari Solusi Prilaku Negatif Iran, AS Mitra Utama, Walau Biden Mengabaikan

Baca juga: Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti, PSG vs Man City, Ketajaman Mbappe-Neymar Diuji Citizens

Alquran menjelaskan segala aspek kehidupan, baik yang berkaitan duniawi juga yang berkaitan ukhrawi, tak terkecuali musibah yang saat ini sedang dihadapi umat manusia, yakni pandemi Covid-19.
Prof Syahrizal menyebutkan, Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam seyogyanya juga menjadi panduan dalam menghadapi pandemi global Covid-19.

Apalagi pandemic itu telah berlangsung hampir dua tahun dan sudah menelan banyak korban jiwa di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia umumnya dan Aceh khususnya.

"Alquran sebagai petunjuk, tentu di dalamnya memberikan jalan keluar terhadap kesulitan yang dihadapi manusia, musibah yang dihadapi manusia, termasuk Covid-19. Dalam pandangan Alquran ini adalah bencana kemanusiaan dan ulah tangan manusia," katanya.

Lalu, Prof Syahrizal mengutip ayat Alquran dalam Surah Ar-Rum ayat 41 yang artinya; “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia”.

Baca juga: Nagan Raya Kembali Tambah 2 Pasien Baru Positif Covid-19, Kasus Corona Kini Tercatat Capai 164 Orang

Baca juga: 17 Ramadhan Malam Nuzulul Quran, Kapan Lailatul Qadar? Ini Beda Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar

Baca juga: Surati KSAL, Unimal Siap Tampung dan Beri Beasiswa untuk Anak Almarhum Kru KRI Nanggala-402

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved