Breaking News:

Berita Aceh Utara

Surati KSAL, Unimal Siap Tampung dan Beri Beasiswa untuk Anak Almarhum Kru KRI Nanggala-402

Bahkan, Unimal sudah menyediakan asrama kepada mereka sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan strata satu (S1). 

FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor Unimal, Dr Herman Fithra 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Universitas Malikussaleh atau Unimal siap menampung anak dari prajurit yang gugur dalam insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402 di perairan Bali untuk kuliah mulai tahun ini dengan beasiswa.

Bahkan, Unimal sudah menyediakan asrama kepada mereka sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan strata satu (S1). 

Untuk itu, Rektor Unimal, Dr Herman Fithra sudah menyurati Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) RI pada 27 April 2021, terkait hal tersebut. 

Surat dengan Nomor 597/UN45/HM/2021, perihal pemberian beasiswa itu, juga ditembuskan ke Presiden (laporan), Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur Aceh, serta Danlanal Lhokseumawe. 

“Tragedi tenggelamnya (subsunk) KRI Nanggala-402 dan dinyatakan seluruh krunya gugur telah meninggalkan rasa sedih yang mendalam bagi seluruh negeri,” tulis Rektor Unimal dalam surat tersebut. 

Baca juga: Hampir 3 Tahun, Kasus Dugaan Pembakaran Rumah Wartawan Serambi di Aceh Tenggara belum Terungkap

Baca juga: Dua Peserta Asal Aceh Jaya Raih Juara di MTR Singkil, Satu Qariah Dapat Hadiah Umrah

Baca juga: Malam Ini, Nuzulul Quran 17 Ramadhan: Simak, Amalan dan Bacaan Doa di Malam Nuzulul Quran

“Mereka kini telah beristirahat dengan angin laut yang tenang dan laut yang indah,” tulis Rektor lagi.

“Kami berencana mengambil anak-anak almarhum untuk bisa berkuliah di Unimal dengan beasiswa dan tempat tinggal di asrama selama menempuh pendidikan di kampus jantung hati masyarakat Pase,” lanjut Rektor Unimal

Hal tersebut dilakukan, lanjut Dr Herman, sebagai wujud tanggung jawab kebangsaan. 

“Kami akan memberikan kepedulian kepada anak-anak yatim pejuang bangsa tersebut. Semoga niat tulus kami ini bisa ditanggapi dengan bijaksana,” ucap Rektor Unimal

Kendati tahun ini proses seleksi mahasiswa melaui SNMPTN dan SBMPTN sudah berlangsung, tapi khusus kepada mereka akan disiapkan jalur khusus. 

Baca juga: Satpol PP Banda Aceh Jaring Puluhan Anak Jalanan, Sebagian Mulai Dibawa ke Ladong

Baca juga: PMI Lhokseumawe Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Batuphat Timur

Baca juga: Bertambah Sembilan Lagi Warga Bireuen Postif Terpapar Covid-19, Ini Datanya

“Berapapun jumlah anak-anak dari kru KRI Nanggala-402,  akan kita tampung untuk kuliah di Unimal, termasuk jika memilih di kedokteran,” ujar Dr Herman. 

Kendati formasi penerimaan mahasiswa untuk kedokteran terbatas, tapi untuk anak-anak almarhum akan disediakan jalur khusus jika mereka ingin kuliah tahun ini.(*)

Penulis: Jafaruddin
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved