Breaking News:

Kupi Beungoh

Blok B, Torehan Sejarah Penting Pengelolaan Migas Aceh

Ungkapan itu rasanya cukup mewakili sejarah penting yang berhasil ditoreh Aceh dalam mengelola sendiri minyak dan gas buminya.

SERAMBINEWS.COM/Handover
Muhammad Iswanto SSTP MM adalah Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh. 

Oleh: Muhammad Iswanto*)

Usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil.

Ungkapan itu rasanya cukup mewakili sejarah penting yang berhasil ditoreh Aceh dalam mengelola sendiri minyak dan gas buminya.

Bagaimana tidak, setelah hampir setengah abad hanya menjadi penonton, barulah kini kekayaan minyak dan gas yang terkandung di perut bumi Aceh bisa dikelola oleh Aceh sendiri.

Mimpi itu terwujud pada Senin 27 April 2021 setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 76.K/HK.02/MEM.M/2021 tentang persetujuan pengelolaan dan penetapan bentuk dan ketentuan-ketentuan pokok kontrak kerja sama pada wilayah Blok B.

Keputusan itu menandai babak baru pengelolaan minyak dan gas bumi di Aceh, yang sejak tahun 1976 pengelolaannya selalu tidak melibatkan Aceh.

Aceh hanya penonton untuk berjuta barel minyak yang dipompa setiap tahunnya sejak rentang waktu tersebut.

Pasca terbitnya SK Menteri ESDM nomor 76.K/HK.02/MEM.M/2021, pengelolaan potensi minyak dan gas bumi di blok North Sumatra B, atau yang lebik dikenal Blok B Aceh Utara, telah sah dimandatkan kepada Pemerintah Aceh, dalam hal ini PT. Pembangunan Aceh (PEMA) sebagai kontraktor definitif Blok B.

Sesuai SK tersebut, Menteri ESDM memberikan persetujuan pengelolaan kontrak kerja sama wilayah blok B pasca 17 Mei 2021 kepada kontraktor sebagaimana tercantum dalam lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan menteri itu.

SK tersebut juga menyebutkan bentuk dan ketentuan pokok kontrak kerja sama pada wilayah kerja Blok B.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved