Breaking News:

Luar Negeri

Malaysia Larang Warga Mudik Lebaran Mulai Hari Ini, Berlaku Hingga 17 Mei, Open House Juga Dilarang

Pelarangan itu diberlakukan mulai hari ini, Jumat (7/5/2021) di negara bagian yang masuk dalam perintah kontrol gerakan (MCO).

Malaysiakini.com
Suasana di sekitar counter imigrasi di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Malaysia. 

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia telah melarang warganya melakukan perjalanan antar distrik selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pelarangan itu diberlakukan mulai hari ini, Jumat (7/5/2021) di negara bagian yang masuk dalam perintah kontrol pergerakan (MCO).

Menteri Senior Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan bahwa umat Islam hanya dapat merayakan Idul Fitri 1442 H di distrik masing-masing.

Tak hanya di Indonesia, umat muslim di Malaysia biasanya merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Mereka bisanya melakukan perjalanan keluar distrik, atau sebutan di Indonesia ‘Mudik’ untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga di momen Hari Raya.

"Pihak berwenang akan memperketat pemblokiran jalan di semua perbatasan kabupaten mulai hari ini dan terutama pada hari pertama Hari Raya," kata Ismail Sabri, dikutip dari Malay Mail.

Baca juga: Mardani Ali Kritik Pelarangan Mudik tapi Wisata Dibuka, Ngabalin Sebut Prokes Tempat Wisata Ketat

Baca juga: Hendak ke Mentawai, WNA Rusia & Pacar Dihentikan di Palembang: Kami Mau Nikah, Bukan Mudik

“Langkah ini untuk membendung penyebaran Covid-19 karena kami tidak ingin ada pertemuan atau pertemuan yang menjadi penyebab pandemi ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Ismail Sabri mengumumkan pada hari Rabu (5/5/2021) bahwa pertemuan keluarga akan diizinkan tetapi dibatasi hanya untuk 15 orang di distrik di bawah MCO.

Untuk lokasi yang ditempatkan di bawah MCO bersyarat (CMCO) dan pemulihan MCO (RMCO), kunjungan diperbolehkan dari 1 hingga 3 Syawal (hari pertama hingga ketiga Raya).

Tetapi dengan jumlah terbatas hingga 20 orang pada satu waktu untuk area CMCO, dan tidak melebihi 25 orang pada satu waktu untuk area RMCO.

Halaman
123
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved