Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Alhamdulillah, Aceh Tengah Raih Penghargaan API 2020, Ini Kategorinya

Kabupaten Aceh Tengah meraih salah satu penghargaan dalam Anugerah Pesona Indonesia atau API 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

Penulis: Mahyadi | Editor: Saifullah
Foto Dok Humas Pemkab Aceh Tengah
Sekda Aceh Tengah, Subhandhy (tengah), menerima penghargaan API 2020 pada malam puncak yang diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, Kamis (20/5/2021). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS. COM, TAKENGON – Kabupaten Aceh Tengah meraih salah satu penghargaan dalam Anugerah Pesona Indonesia atau API 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Kabupaten tertua di wilayah tengah Provinsi Aceh itu mendapat penghargaan juara dua dalam kategori destinasi belanja terpopuler untuk Kampung Kerawang Gayo Bebesen. 

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Kerjasama Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) RI, Daulat P Silitonga kepada Sekda Aceh Tengah, Subhandhy, AP, MSi, mewakili Bupati Shabela Abubakar pada acara puncak API yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (20/5/2021). 

Sejak tahun 2014, Kerawang Gayo telah diakui menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Sedangkan pusat pengrajin Kerawang Gayo didominasi di kawasan Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. 

Baca juga: Telkomsel Scholarship Resmi Dibuka, Ini Syarat Bagi Pelamar

Baca juga: Harga Cabai Merah Turun di Gayo Lues Saat Petani Mulai Panen Raya, Segini Harganya di Tingkat Agen

Baca juga: MTQ Ke-35 Tingkat Aceh di Bener Meriah akan Digelar Akhir Tahun 2021

Daerah itu menjadi pusat pengrajin dan penjualan kerajinan maupun cinderamata bermotif Kerawang Gayo.

Selain itu, kampong tersebut juga menjadi salah satu daya tarik para wisatawan jika mengunjungi Dataran Tinggi Gayo, khususnya ke Kabupaten Aceh Tengah

Usai menerima penghargaan, Sekda Aceh Tengah, Subhandhy melalui telepon kepada Serambinews.com menyebutkan, kerawang merupakan salah satu dari ragam budaya yang dimiliki oleh masyarakat Gayo. 

Keberadaan kerawang, jelasnya, menjadi bagian identitas dari masyarakat Gayo yang saat ini sudah semakin dikenal secara luas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved