Breaking News:

Penertiban

Satpol PP dan Badan Keuangan Abdya Tertibkan Reklame Ilegal

Memasang reklame ini ada aturannya, kalau di tiang listrik, taman kota, pohon dan memasang dengan melintang jalan nasional dan jalan kabupaten itu tid

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/RAHMAT SAPUTRA
Satpol PP dan WH Abdya mencopot reklame yang dipasang secara ilegal, Selasa (25/5/2021) di depan SMKN Abdya, Kecamatan Susoh. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Satpol PP dan WH Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penertiban terhadap reklame yang dipasang secara ilegal dan tak bayar pajak di sejumlah kecamatan, Selasa (25/5/2021).

Kepala Badan Keuangan Kabupaten (BKK), Salman Alfarizi ST melalui Kabid Pendapatan, Zainul Abidin SE mengatakan, penertiban reklame itu dilakukan, karena tidak patuh aturan, memasang di tempat yang dilarang dan tidak memenuhi kewajiban pajak.

“Memasang reklame ini ada aturannya, kalau di tiang listrik, taman kota, pohon dan memasang dengan melintang jalan nasional dan jalan kabupaten itu tidak boleh,” ujarnya.

Selain itu, sebut Zainul, penertiban juga dilakukan terhadap reklame liar yang tidak melaksanakan wajib pajak, reklame yang sudah jatuh tempo dan memasang tidak sesuai aturan.

Menurut Zainul, kegiatan yang dilakukan pihaknya itu sesuai dengan Undang-Undang 28 tahun 2009, dan Qanun nomor 6 tahun 2013 tentang pajak reklame dan Peraturan Bupati nomor 15 tahun 2016 tentang tata cara pelaksanaan pajak reklame.

Sebaiknya Orangtua Jangan Beri SKM untuk Bayi dan Anak-anak, Ini Sebab dan Dampaknya

Pemuda Aceh Alami Musibah di Jakarta, Haji Uma Bersama Warga Aceh Bantu Pemulangan

"Jadi kegiatan kita ini sudah diatur dalam Undang-Undang, Pebup dan Qanun, sehingga tidak ada alasan bagi pelaksana reklame untuk tidak mematuhinya, dan penertiban ini kita lakukan selama satu bulan kedepan," sebutnya.

Untuk hari ini, tambahnya, penertiban di fokuskan pada Kecamatan Blngpidie, Susoh, Jeumpa dan Manggeng. Semua reklame yang melanggar aturan akan ditertibkan oleh pihaknya bekerjasama dengan Satpol PP.

"Kegiatan ini setiap tahun kita laksanakan dengan tujuan, selain menjalankan aruran, juga untuk sosialisasi bagi para wajib pajak penyelenggara reklame untuk taat pajak dan ikuti peraturan Qanun yang berlaku di Abdya," ucapnya.

Zainul meminta masyarakat yang hendak memasang baru reklame untuk wajib melapor kepada badan pengelolaan keuangan. Adapun jalurnya, langsung ke BPKK bidang pendapatan melapor jenis reklame, ukuran dan jumlah titik pemasangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved