Breaking News:

Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Termasuk Olahraga Sederhana yang Dilakukan Rasulullah

Rasulullah ternyata menyukai jalan kaki, dan Nabi rutin melakukannya setiap hari untuk menjaga kesehatannya. Lantas, apa manfaat berjalan kaki?

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Gambar ilustrasi/Pixabay
ilustrasi berjalan kaki 

SERAMBINEWS.COM - Satu diantara olahraga sederhana yang dilakukan Rasulullah ialah berjalan kaki, berikut manfaat jalan kaki untuk kesehatan.

Rasulullah ternyata menyukai jalan kaki, dan Nabi rutin melakukannya setiap hari untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, Rasulullah juga senantiasa menganjurkan umatnya untuk berolah raga.

Dalam banyak hadis disebutkan bagaimana beliau memotivasi umatnya untuk menyukai olah raga.

Salah satu olahraga sederhana yang dilakukan Rasulullah ialah berjalan kaki.

Berjalan kaki termasuk olah raga yang mudah, murah, dan menyenangkan. Rasulullah senantiasa berjalan kaki saat akan ke masjid, pasar, dan berkunjung ke rumah para sahabat.

Mengutip dari buku Sehat Ala Rasulullah yang ditulis oleh Sri Januarti Rahayu dan diterbitkan Bhuana Ilmu Populer pada tahun 2016, berikut Serambinews.com sajikan beberapa manfaat jalan kaki, termasuk olahraga sederhana yang dilakukan Rasulullah.

Baca juga: 7 Hal Baik yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki membuat tubuh terus bergerak sehingga akan meningkatkan proses penyerapan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung sekaligus stroke.

Berjalan kaki juga dapat membuat tekanan darah berkurang sehingga mengurangi pelengketan antarsel darah yang dapat menyebabkan terjadinya gumpalan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa berjalan kaki dengan cepat selama 30 menit bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab stroke.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved