Breaking News:

Kesehatan

Ini 10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada Kacang Almond, Bayam hingga Teh Hijau

Pola hidup tidak sehat seperti sering makan di luar, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Dok istimewa
Ilustrasi Kolesterol 

SERAMBINEWS.COM - Kolesterol dalam kadar normal merupakan zat penting bagi tubuh.

Tapi kelebihan kolesterol dalam tubuh akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah, mengurangi dan membatasi aliran darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan kondisi kardiovaskular lainnya.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol LDL (low-density lipoproteins, kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoproteins, kolesterol baik).

Tingkat kolesterol LDL yang tinggi secara medis dikenal sebagai hiperkolesterolemia.

Kolesterol jenis ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung.

Pola hidup yang tidak sehat yaitu terlalu sering makan di luar, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: Saran dr Zaidul Akbar Rutin Konsumsi Ini, Ginjal Sehat, Tensi dan Kolesterol Bisa Turun Secara Alami

Selain penyakit kardiovaskular, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan obesitas, kelumpuhan, stroke, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Jika Anda melakukan tes darah dan mengalami kolesterol tinggi, berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dilansir Serambinews.com dari laman Boldsky Selasa (28/9/2021).

1. Almond

Almond dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, lemak tak jenuh ganda dan serat yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved