Breaking News:

Kajian Islam

Jumat di Masjid HKL: Empat Sebab Muslim Sulit Beribadah, Cinta Dunia sampai Terpengaruh Manusia Lain

Ada empat penyebab manusia sulit beribadah kepada Allah SWT, dari yang pertama terlalu mencintai manusia sampai tidak melepaskan nafsu dari hati.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Khatib shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh, Jumat (8/10/2021) Dr Tgk H Fahmi Sofyan Lc MA. 

SERAMBINEWS.COM – Ada empat penyebab manusia sulit beribadah kepada Allah SWT, dari yang pertama terlalu mencintai dunia  sampai tidak melepaskan nafsu dari hati.

Empat perkara manusia sulit beribadah tersebut adalah pendapat Imam Al-Ghazali dan diulas oleh khatib Khutbah Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek.

Khatib khutbah Jumat di Masjid HKL, Jumat (8/10/2021) adalah Dr Tgk H Fahmi Sofyan Lc MA dengan imam shalat Tgk H Taqdir Feriza SPd.

Khatib menyampaikan sebagaimana pendapat Imam Al-Ghazali ada empat hal yang menjadikan manusia dalam beribadah, yakni:

Mencintai Dunia

Orang yang mencintai dunia maka akhirat akan menjauh dari dirinya. Semakin banyak harta manusia maka akan semakin mudah syaitan untuk membujuk seorang Muslim untuk menyibukkan diri dengan harta maupun jabatan.

Baca juga: Pemuda SUMUT Masuk Islam di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh, Ungkap Senang Dengar Buya Yahya

Seperti Qarun yang diberikan harta melimpah oleh Allah SWT, harta tersebut yang menjadikan dirinya lupa bersyukur dan lupa beribadah kepada Allah. Sayangnya harta yang dikumpulkan bertahun-tahun akan hilang dalam sekejap apabila nyawa sudah tidak lagi dikandung badan.

Mencintai dunia menjadikan manusia lupa pada Pencipta, karena dalam pikiran dan hatinya hanya mengejar kepuasaan hidup di dunia dan melupakan akhirat yang kekal.

“Seperti Qarun, Allah mengujinya dengan memberikan harta berlimpah, ternyata Qarun lupa bersyukur dan hanya menggunakan waktunya memikirkan harta dan tidak beribadah, makin bertambah harta maka makin sulit beribadah,” kata Khatib.

Makhluk

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved