Breaking News:

Opini

Muhammad SAW Idola Kita

Akhir-akhir ini kita terusik oleh sikap dan statement saudara nonmuslim kita di negara barat yang dikenal intelek, menjunjung tinggi nilai-nilai

Editor: bakri
Muhammad SAW Idola Kita
IST
DR. H. AGUSTIN HANAFI, Lc., Ketua Prodi S2 Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry dan Anggota IKAT-Aceh

OLEH DR. H. AGUSTIN HANAFI, Lc., Ketua Prodi S2 Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry dan Anggota IKAT-Aceh

Akhir-akhir ini kita terusik oleh sikap dan statement saudara nonmuslim kita di negara barat yang dikenal intelek, menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban, dan mengagungkan demokrasi.

Namun dengan penuh kesadaran, mereka sengaja menghina Muhammad SAW melalui karikatur, gambar, kartun dan film, mempertontonkan perilaku tidak senonoh yang merendahkan dan melecehkan ajaran Islam dengan mengatasnamakan kebebasan berekspresi dan beragama, sebagaimana terjadi di Denmark, Swedia, Belanda, Perancis, dan lainnya.

Bahkan koran Nerikes llehanda Swedia menampilkan gambar kepala manusia dengan tubuh anjing yang disebut sebagai Nabi Muhammad, begitu juga halnya Prancis membiarkan pemasangan karikatur dan gambar yang menghina Muhammad SAW di beberapa bangunan di negara itu.

Uniknya, Pemerintah Swedia maupun Perancis dinilai tidak perlu meminta maaf, presiden Emmanuel Macron pun keukeh membiarkan gambar tersebut dan menganggap Islam sebagai agama teroris.

Nauzubillah!

Sikap dan tindakan mereka yang menggambarkan Muhammad SAW dalam bentuk kartun, karikatur dan bentuk lainnya, dianggap telah melukai hati umat Islam.

Mereka benar-benar tidak objektif, dan tidak mengedepankan akal sehat, padahal di dunia Barat sekalipun, cukup banyak ketentuan yang membatasi kebebasan berekspresi jika dinilai mengganggu orang lain atau dianggap tidak etis.

Mereka sering mengenal Islam dan Muhammad SAW melalui informasi yang disampaikan musuh-musuh Islam, kemudian dikaitkan dengan teror, terorisme, kebodohan, kemiskinan, dan fanatisme buta.

Oleh karena itu, kita sebagai intelektual Muslim harus merespon dan menyikapi fenomena tersebut serta melawan setiap pelecehan yang dialamatkan kepada Islam dan yang mencederai kehormatan Rasulullah dengan berani.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved