Breaking News:

Opini

UTU Pusat Keunggulan Baru di Aceh

Sebagai sebuah perguruan tinggi negeri baru (PTNB) di Indonesia, Universitas Teuku Umar (UTU) telah berpacu dengan segenap sumberdaya yang ada

Editor: hasyim
UTU Pusat Keunggulan Baru di Aceh
IST
Ishak Hasan, Dosen USK Ditugaskan Sebagai Wakil Rektor II UTU

(Refleksi Hari Jadi Ke-15)

Oleh. Dr Ishak Hasan, M.Si

Dosen USK Ditugaskan Sebagai Wakil Rektor II UTU

Sebagai sebuah perguruan tinggi negeri baru (PTNB) di Indonesia, Universitas Teuku Umar (UTU) telah berpacu dengan segenap sumberdaya yang ada agar dapat berkontribusi kuat dan nyata dalam pembangunan negara. Dalam usia yang masih belia 15 tahun, UTU semakin diperhitungkan di kalangan pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Dengan semangat kepahlawanan Teuku Umar bersinergi menjadikan UTU sebagai ruang belajar untuk anak-anak muda milenial Indonesia yang berkelas, bermutu dan menyenangkan. Motto UTU sebagai “Source of Inspiration” telah memompa semangat bagi segenap unsure guna meraih prestasi terbaik. “Spirit Source of Inspiration” telah menjadi magnit penting dalam derap langkah UTU mewujudkan tridarma perguruan tinggi sebagai tugas utamanya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sivitas akademika UTU telah bekerja keras menyelaraskan kinerja dengan harumnya nama besar Teuku Umar sebagai pahlawan nasional yang dibanggakan  “Paradigma pendidikan tinggi yang telah bergeser dari Learning University dan Research University ke Entrepreneurial University telah memaksa segenap pimpinan UTU di bawah kendali Prof. Jasman J. Maruf selaku Rektor UTU untuk mendesain secara jelas Core Product” UTU yaitu “Agro and Marine Industry”.

Pola ilmiah pokok UTU ini merupakan satu-satunya yang diakui sangat visioner di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia. Keberanian UTU untuk mengkhususkan diri pada sektor agro dan marine didasarkan pada beberapa alasan, di antaranya; alasan ekologis, sosiologis, dan ekonomis.

Kenyataan ekologis bahwa UTU berada dalam lingkungan ekosistem dengan bentangan alam yang sangat subur cocok untuk pertanian sebagai renewable resource. Demikian juga luasnya bentangan perairan di pesisir Aceh merupakan potensi yang luar biasa untuk menopang kehidupan berkelanjutan.

Kenyataan sosiologis juga sangat mendukung mengingat masyarakat Indonesia dan Aceh sudah sejak lama terkenal sebagai masyarakat agraris dan pelaut yang tangguh, dengan demikian mudah menghubungkan alam pikir agraris dengan model pembelajaran modern di UTU. Diharapkan dengan koneksi alam pikir agro-marine tersebut anak-anak muda tidak mudah meninggalkan sektor ini sebagai sumber penghidupan mereka di masa depan.

Sedangkan kenyataan ekonomis bahwa potensi ekonomi yang tersedia di sector agro-marine ini luar biasa besarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved