Breaking News:

Kupi Beungoh

KITA ADALAH UMAT YANG SATU; Adakah Alasan Penting, Sehingga Kita Berpecah Belah

Selama kita masih mengucap dua kalimah syahadat yang sama, di belahan negri manapun. "KITA ADALAH UMAT YANG SATU"

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh 

Oleh: Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag*)

Ucapan Dua kalimah syahadat seorang muslim menunjukkan bahwa KITA adalah SATU, umat yang satu, tidak ada yang bisa memecahkan belah kita seharusnya, selama kita masih mengucap dua kalimah syahadat yang sama, di belahan negri manapun. "KITA ADALAH UMAT YANG SATU"

Syahadah kita sebanyak 9 kali dalam 5 waktu shalat.

Hal ini sama dilakukan oleh  semua muslim dimanapun mereka berada,  tak terkecuali,  ini bermakna KITA ADALAH SATU, tidak ada yang bisa memecah belahkan kita seharusnya, karena kita muslim,  punya  satu tujuan, yaitu ALLAH YANG  SATU .

BERSYAHADAH, berarti kita  BERJANJI,  kita BERSUMPAH,  kita  BERIKRAR di hadapan  Allah SWT, bahwa tiada Tuhan yang akan kita sembah kecuali Allah SWT, hanya Allah  yang akan kita utamakan,  yang akan kita ikuti perintah-perintah Nya, yang akan kita loyal kepadaNya, yang akan kita tunduk dan patuh, sami'na  wa atha'na, hanya kepada Nya, Insya Allah.

Begitu komitmen seorang muslim dengan Rabb (Tuhan) nya  ketika membaca satu ayat Al-Qur'an atau Hadis Nabi,  Allah dan Rasul Nya perintahkan sesuatu, maka komitmen seorang muslim adalah "sami'na wa atha'na" artinya "saya dengar saya patuh, saya kerjakan (laksanakan)".

 Berbeda dengan seorang munafik mereka itu, dengan Tuhannya, "mereka dengar,  mereka pikir pikir dulu, ada gak manfaat buat mereka, kalau ada manfaat buat mereka,  mereka dengar mereka kerjakan,  kalau tidak ada manfaat buat mereka, di abaikan saja, tidak di pedulikan"

 KOMITMEN SYAHADAH seorang muslim adalah sami'na wa atha'na (patuh dan ta'at).

 إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya;

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved