Breaking News:

Timor Leste, Negara Kecil yang Ditunggangi Beberapa Negara, Begini Sikap Barat Terhadap Wilayah Ini

Timor Leste merupakan sebuah negara di sebelah tenggara Indonesia, menempati setengah Pulau Timor sekaligus berbatasan darat dengan Indonesia.

Editor: Amirullah
via Kompas.com
Ilustrasi Timor Leste 

SERAMBINEWS.COM  - Timor Leste dulu pernah menjadi bagian dari Indonesia sebelum memilih untuk referendum pada tahun 1999.

Negara kecil ini resmi merdeka pda tahun 2002.

Timor Leste merupakan sebuah negara di sebelah tenggara Indonesia, menempati setengah Pulau Timor sekaligus berbatasan darat dengan Indonesia.

Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia, dengan luas hanya 15.007 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, luas pulau Jawa saja 128.297 kilometer persegi.

Meski begitu, wilayah kecil ini pernah menjadi perebutan beberapa negara, juga mengalami krisis dan kekerasan yang bertubi-tubi.

Bangsa terakhir yang menduduki wilayah ini sebelum kemerdekaannya adalah Indonesia.

Operasi Seroja yang dimulai pada 7 Desember 1975 kemudian berhasil menjadikan Timor Leste sebagai bagian wilayah Indonesia.

Timor Leste pun menjadi provinsi termuda Indonesia kala itu, hingga pada tahun 1999 digelar referendum yang memberikan kesempatan untuk Timor Leste menentukan nasibnya sendiri.

Referendum yang digelar pada 30 Agustus 1999 menunjukkan hasil bahwa rakyat Timor Leste menolak integrasi dengan Indonesia dan menginginkan kemerdekaan.

Jauh sebelum itu, Timor Leste telah mengalami pendudukan selama ratusan tahun oleh Bangsa Portugis, dan menjadi medan pertempuran Perang Dunia Kedua.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved