Breaking News:

Kupi Beungoh

Jokowi, Korpri, dan ASN Berkelas Dunia

Negara membutuhkan tenaga profesional berupa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbuka, inovatif, fleksibel, dan berkelas dunia.

Editor: Zaenal
Facebook/Moel Yadi
Mulyadi Nurdin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pidie. 

Oleh H. Mulyadi Nurdin, Lc, MH

DI era disrupsi teknologi terjadi perubahan fundamental di berbagai bidang, teknologi digital atau robot semakin banyak menggantikan pekerjaan manusia.

Sistem kerja komputer dengan kecerdasan buatan (AI), dapat digunakan untuk memangkas birokrasi dan memberikan layanan secara cepat dan praktis.

Negara membutuhkan tenaga profesional berupa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbuka, inovatif, fleksibel, dan berkelas dunia dalam menghadapi perubahan zaman.

ASN dituntut mampu bekerja dan mengoperasikan berbagai perangkat teknologi dan beradaptasi dengan cepat pada perkembangan teknologi era digital 4.0.

Hal ini sering diutarakan oleh Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan berbeda, misalnya saat memimpin upacara perayaan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istora Senayan, Jakarta, 2019 lalu, Presiden Jokowi berpesan kepada ASN untuk terus berinovasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Mau tidak mau ASN bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau ASN harus open minded, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja. ASN memanfaatkan kemajuan teknologi, memajukan pengetahuan, serta berkolaborasi,” ujar Presiden Joko Widodo saat itu.

Selain itu, Presiden Jokowi ingin pergantian teknologi ke AI dilakukan, karena sejumlah negara sudah mulai melakukan hal tersebut.

Indonesia tentu tidak ingin ketinggalan untuk segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," tegasnya pada pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, pada Desember 2019 lalu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved