Breaking News:

Jurnalisme warga

Proteksi 1. 000 Hari Pertama Kehidupan untuk Cegah Stunting

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018 menunjukkan bahwa kasus stunting dan gizi buruk di Aceh masih berada di atas angka nasional

Editor: bakri
Proteksi 1. 000 Hari Pertama Kehidupan untuk Cegah Stunting
For Serambinews.com
MASYUDI, S. Kep., Ners., M. Kes., IYCF Consultant–Flower Aceh, Dosen FKM Universitas Serambi Mekkah, dan Mahasiswa Doktoral Prodi DMAS-USK, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH MASYUDI, S. Kep., Ners., M. Kes., IYCF Consultant–Flower Aceh, Dosen FKM Universitas Serambi Mekkah, dan Mahasiswa Doktoral Prodi DMAS-USK, melaporkan dari Banda Aceh

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018 menunjukkan bahwa kasus stunting dan gizi buruk di Aceh masih berada di atas angka nasional dan menduduki peringkat tertinggi ke-5 di Indonesia.

Angka gizi buruk secara nasional adalah 3,5%, sedangkan di Aceh berada pada posisi 5,5%.

Sama juga halnya untuk stunting atau balita pendek, angka stunting di Aceh berada di posisi 37%, sedangkan nasional 30% (Riskesdas, 2018).

Secara global, berdasarkan perkiraan bersama UNICEF, WHO, dan World Bank Group terhadap malnutrisi anak tahun 2019 melalui dokumen Joint Child Malnutrition (JME) kekurangan gizi akut/wasting masih terdapat 49 juta balita di seluruh dunia atau sekitar 7,3%.

Stunting adalah sebuah bentuk masalah gizi dengan kondisi tinggi badan anak lebih rendah dibandingkan tinggi badan anak seusianya berdasarkan standar yang ditetapkan.

Bentuk masalah lainnya adalah kekurangan berat badan menurut usia atau kurang gizi.

Sedangkan kelebihan gizi disebut kegemukan atau obesitas.

Stunting dan masalah gizi lainnya yang terjadi dalam waktu yang lama akan berdampak pada pertumbuhan fisik, metabolisme, kekebalan, dan pertumbuhan otak.

Masalah gizi yang berkepanjangan berdampak pada tumbuh kembang anak dan akan berpengaruh pada masa depan sumber daya manusia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved