Breaking News:

Kajian Islam

Apakah Membaca Buku Mengikuti Pengajian Lewat TV & Radio Termasuk Thalabul Ilmi? Ini Kata Buya Yahya

Apakah membaca buku, mengikuti pengajian lewat televisi (TV) dan radio termasuk thalabul ilmi? Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Muhammad Hadi
YOUTUBE/AL-BAHJAH TV
Buya Yahya - Apakah membaca buku, mengikuti pengajian lewat televisi (TV) dan radio termasuk thalabul ilmi? Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini 

SERAMBINEWS.COM - Apakah membaca buku, mengikuti pengajian lewat televisi (TV) dan radio termasuk thalabul ilmi? Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Thalabul ilmi adalah menuntut ilmu atau belajar.

Islam mengajarkan umatnya untuk menuntut ilmu, terutama ilmu agama.

Lantas, bagaimana jika seseorang belajar ilmu agama dari membaca buku dan mengikuti pengajian melalui TV dan radio, apakah hal tersebut termasuk thalabul ilmi?

Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri atau Buya Yahya menjawab pertanyaan dari salah seorang jamaah terkait thalabul ilmi.

"Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya Yahya saya mau nanya apakah membaca buku keagamaan dan mengikuti pengajian lewat TV dan radio termasuk thalabul ilmi?," demikian tanya seorang jamaah kepada Buya Yahya.

Baca juga: Begini 5 Tips Agar Istri Selalu Dicintai Suami Menurut Buya Yahya, Termasuk Jangan Banyak Menuntut

Menjawab hal tersebut, Buya Yahya yang merupakan pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon ini terlebih dahulu membahas soal arti thalabul ilmi.

Kata Buya Yahya, thalabul ilmi memiliki arti menuntut ilmu. Menuntut ilmu yang sesungguhnya adalah duduk bersimpuh di depan guru yang sudah dipilih.

Sedangkan belajar dari membaca buku, mengikuti pengajian melalui TV dan radio juga bisa disebut sebagai thalabul ilmi. Namun, pahala dan keutamaan belajar dari membaca buku, mengikuti pengajian melalui TV dan radio tidak sama dengan hadir di majelis dengan sang guru.

Baca juga: Malam Ini Coba Minum Air Serai sebelum Tidur, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Menurut dr Zaidul Akbar

Baca juga: Baru Pacaran 2 Hari dan Ajak Hidup Bersama, Lelaki Muda Ini Syok saat Tahu Identitas Pacarnya

"Thalabul ilmi (menuntut ilmu) yang sesungguhnya adalah duduk bersimpuh di depan guru yang sudah dipilih," kata Buya Yahya seperti dikutip Serambinews.com dari laman resmi Buya Yahya, Sabtu (8/1/2022).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved