Breaking News:

Kajian Islam

Tidak Sadar Bawa Najis Saat Shalat, Apakah Ibadahnya Sah? Begini Kata Buya Yahya

Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri atau biasa dikenal Buya Yahya menerangkan hukum Shalat bagi seseorang yang secara tidak sadar membawa najis.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
FREEPIK.COM
Saat seseorang membawa najis di dirinya, apakah shalat masih dianggap sah atau harus diulang? 

SERAMBINEWS.COM - Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri atau biasa dikenal Buya Yahya menerangkan hukum shalat bagi seseorang yang secara tidak sadar membawa najis.

Saat seseorang membawa najis di dirinya, apakah shalat masih dianggap sah atau harus diulang?

Kita tentu pernah dihadapkan dengan situasi pakaian yang melekat pada diri kita terkena najis, baik saat hendak atau ketika sedang melaksanakan shalat.

Bahkan tanpa jarang, pakaian kita terkena najis tanpa kita sadari lalu membawa pakaian tersebut untuk melaksanakan shalat.

Lantas, bagaimana hukum shalat bagi seseorang yang secara tidak sadar membawa najis?

Berikut penjelasan Buya Yahya saat menjawab pertanyaan salah seorang jamaah terkait hukum shalat bagi seseorang yang secara tidak sadar membawa najis.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Kemuliaan Meminta Maaf Menurut Buya Yahya

Baca juga: Apa Hukumnya Membawa HP yang ada Aplikasi Al Quran ke Kamar Mandi? Begini Penjelasan Buya Yahya

Baca juga: Benarkah Tempat Shalat Wanita Adalah di Rumah? Begini Kata Buya Yahya

"Bagaimana hukum shalat orang yang ketika shalat membawa najis, akan tetapi ia tidak tahu, ia tahu ketika ia sudah keluar dari shalat. Apakah wajib diulang shalatnya?," tanya jamaah kepada Buya Yahya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Buya Yahya mengatakan, adapun salah satu syarat sahnya shalat adalah mensucikan dan menghindar dari najis di badan, pakaian dan tempat yang bersentuhan dengan anggota tubuhnya saat shalat.

Apakah benar jika mas kawin yang diberikan suami pada istri tidak boleh dipakai oleh suami karna sudah milik sang istri?
Apakah benar jika mas kawin yang diberikan suami pada istri tidak boleh dipakai oleh suami karna sudah milik sang istri? (INSTAGRAM @buyayahya_albahjah)

Adapun seseorang yang secara tidak sadar membawa najis saat shalat, maka shalatnya tidak sah, sambung Buya Yahya.

"Maka jika ada orang melakukan shalat dengan membawa najis maka shalatnya adalah tidak sah, baik ia mengetahui saat sebelum shalat atau setelahnya," kata Buya Yahya seperti dikutip Serambinews.com dari laman resmi Buya Yahya, Sabtu (8/1/2022).

Begitu pula disaat orang tersebut meyakini bahwa najis yang ada pada pakaiannya itu ada disaat sebelum atau disaat ia tengah shalat, maka shalatnya adalah tidak sah dan wajib ia wajib mengulang shalatnya.

"Sesuai yang ditanyakan, asal orang yang shalat tersebut meyakini bahwa najis yang ada pada pakaiannya itu ada disaat sebelum atau disaat ia tengah shalat maka shalatnya adalah tidak sah dan ia wajib mengulang shalatnya,"

"Berbeda jika ia melihat najis tersebut setelah selesai shalat dan ia menduga bahwa najis tersebut menimpanya setelah shalat maka shalatnya dianggap sah. Wallahu a’lam bish-shawab," pungkas Buya Yahya. (Serambinews.com/Firdha Ustin)

Baca juga berita lainnya

Baca juga: Isi Khutbah Jumat di Montasik, Syech Fadhil Sentil Pendukung Bank Konvensional: Bek Peukabeh Syariat

Baca juga: Bupati Pidie Teken MoU Bidang Pendidikan dengan Jepang, Abusyik Beri Oleh-oleh Kopi Racikannya

Baca juga: Polres Bireuen dan Santri Darussa’adah Cot Tarom Baroh Gotong Royong

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved