Breaking News:

Kajian Islam

Buya Yahya Jelaskan Beda Iman, Keyakinan, dan Kepercayaan, Begini Penjelasannya

Menanggapi hal tersebut, Buya mengatakan bahwa iman, keyakinan dan kepercayaan adalah tiga kalimat yang diucapkan untuk maksud yang sama.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Mursal Ismail
INSTAGRAM @buyayahya_albahjah
Buya Yahya 

Menanggapi hal tersebut, Buya mengatakan bahwa iman, keyakinan dan kepercayaan adalah tiga kalimat yang diucapkan untuk maksud yang sama.

SERAMBINEWS.COM - Simak penjelasan Buya Yahya terkait bedanya iman, keyakinan dan kepercayaan.

Buya Yahya mengatakan dalam Islam, iman, keyakinan dan kepercayaan merupakan tiga kata yang diucapkan untuk maksud yang sama. 

Buya Yahya mengungkap ketiganya beda hanya dalam segi bahasa. 

Berikut penjelasan lengkap Buya Yahya terkait iman, keyakinan dan kepercayaan seperti dilansir Serambinews.com dari lama resmi buyayahya.org, Sabtu (12/2/2022).

Awalnya, Buya Yahya mendapat sebuah pertanyaan dari seorang jamaah yang menanyakan bedanya antara iman, keyakinan dan kepercayaan.

Menurut jamaah itu, tiga hal tersebut merupakan suatu hal yang ghaib. Ia pun kembali melanjutkan pertanyaan apakah hal tersebut tips memperkuat ketauhidan.

Baca juga: 3 Tips Menolong Orang yang Pernah Berzina Menurut Buya Yahya, Termasuk Bantu Tutup Aibnya

Lanjut jamaah itu, ia pun menanyakan lagi terkait ayat dan tafsir mana yang menjadi referensi tentang iman, keyakinan dan kepercayaan.

"Maaf ustad, saya mau nanya apa bedanya iman, keyakinan & kepercayaan? Padahal semua itu ghaib adanya.

Apa yang bisa kita dasar untuk memperkuat ketauhidan kita? Surat apa dan ayat berapa beserta tafsir mana yang dapat dijadikan referensinya? atas penjelasanya," demikian tanya jamaah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Buya mengatakan bahwa iman, keyakinan dan kepercayaan adalah tiga kalimat yang diucapkan untuk maksud yang sama.

Adapun bedanya dari tiga kata tersebut hanyalah dari segi bahasa.

"Misal: “Aku percaya kepada Allah”, sama artinya dengan, “Aku percaya kepada Allah” atau “Aku yakin kepada Allah.” Hanya bedanya, kalau yakin dan iman adalah bahasa Arab yang sudah di Indonesiakan dan percaya adalah bahasa Indonesia yang digunakan menerjemakan kalimat yakin dan iman," kata Buya.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan iman, keyakinan dan kepercayaan tersebut?

Baca juga: Benarkah Anak Hasil Zina tidak Bisa Masuk Surga? Begini Jawaban Buya Yahya 

Lebih lanjut sambung pendakwah kelahiran Jawa Timur ini mengatakan bahwa, semua ayat Al-Qur'an kalau dibaca akan menambah kuat iman kita hanya barang kali yang Anda perlukan adalah yang secara harfiah mengajak Anda untuk menilai yang menentukan cara.

"Anda bisa renungi semisal ayat 164 dari surat Al-Baqarah dan ayat lain yang mengajak Anda berfikir, itu semua akan menyuburkan keyakinan Anda. Wallahu a'lam bish-shawab," pungkas Buya Yahya. ( Serambinews.com/Firdha Ustin)

Baca juga berita lainnya

Baca juga: 2 Bulan Kabur, Tersangka Rudapaksa Anak di Pidie Jaya Akhirnya Ditangkap di Idi Aceh Timur

Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia di Aceh Tahun 2021 Cuma Naik 0,19 Poin dari Tahun 2020

Baca juga: Aceh Masuk Peringkat 10 Besar Provinsi Tertinggi Indeks Literasi Digital di Indonesia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved