Breaking News:

Salam

Kasus Beasiswa Kapan Tuntasnya?

Sejumlah pengacara yang tergabung dalam Solidaritas Advokat Aceh membuka posko bantuan hukum gratis untuk mahasiswa yang terseret dalam kasus

Editor: bakri
For Serambinews.com
Pengacara yang tergabung dalam Solidaritas Advokat Aceh memberikan keterangan pers usai meresmikan posko bantuan hukum di D’ Energy Cafe, Aceh Besar, Senin (21/2/2022). 

Sejumlah pengacara yang tergabung dalam Solidaritas Advokat Aceh membuka posko bantuan hukum gratis untuk mahasiswa yang terseret dalam kasus dugaan korupsi dana beasiswa yang sedang diusut Polda Aceh. 

Sebelumnya polisi sudah menyatakan ada empat ratusan penerima beasiswa itu yang bisa jadi tersangka dan meminta para mahasiswa yang tak berhak menerima bantuan pendidikan itu supaya mengembalikan beasiswa tahun 2017 tersebut.

Namun, para advokat meminta polisi tak memaksa mahasiswa mengembalikan beasiswa itu.

Sebab, dari informasi mereka terima, ada beasiswa yang jumlahnya Rp 30 juta, tapi yang diterima atau diberikan kepada mahasiswa hanya sebesar Rp 4 juta.

Sampai dua hari lalu, sudah ada puluhan dari 800-an mahasiswa penerima beasiswa yang melapor ke posko tersebut, baik melalui email maupun secara langsung.

Dari pengakuan mahasiswa ke Posko itu, jumlah beasiswa yang diterima bervariasi.

Paling besar beasiswa yang disalurkan sebelum dipotong Rp 40 juta dan paling kecil Rp 25 juta.

“Tapi, dari beberapa informasi yang kita temukan, ada yang beasiswanya 30 juta rupiah, tapi yang diberikan kepada mahasiswa hanya 4 juta rupiah.

Selebihnya diambil oleh koordinator," ungkap seorang advokat.

Para pengacara itu mengatakan, dalam kasus ini, mahasiswa bukanlah pleger atau pelaku utama, tapi korban dari sebuah dugaan tindak pidana yang sudah direncanakan oleh pelaku utama atau aktor intelektualnya yang mungkin sudah memiliki niat sejak awal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved