Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Wanita tak Dianjurkan Minum Obat Penunda Haid Selama Puasa Ramadhan, Simak Penjelasan Abi Peurupok

Abi Peurupok mengatakan, jika meminum obat penunda haid tersebut dapat menimbulkan mudharat bagi dirinya, maka haram hukumnya untuk dilakukan.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Ansari Hasyim
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE/SERAMBI ON TV
BINCANG SERAMBI RAMADHAN - Pimpinan Dayah Al Azhar Syamtalira Aron Aceh Utara, Tgk H Mustafa Thayib SH menjadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Kamis (20/4/2022), yang dipandu presenter Serambi On TV, Ulfa Jazila. 

Dianjurkan Tidak Minum Obat Penunda Haid Selama Puasa Ramadhan, Simak Penjelasan Abi Peurupok

SERAMBINEWS.COM - Seiring pekembangannya zaman, dunia medis berhasil menemukan obat yang dapat digunakan oleh wanita sebagai penunda haid.

Bagi sebagian wanita, ada yang memilih meminum obat ini untuk melancarkan ibadah puasa Ramadhan.

Pimpinan Dayah Al Azhar Syamtalira Aron Aceh Utara, Tgk H Mustafa Thayib SH atau yang akrab disapa Abi Peurupok mengatakan, meminum obat penunda haid tidak menjadi suatu masalah dalam pandangan Islam.

"Tatapi harus dibuktikan secara medis oleh dokter bahwa kalau dia minum obat penunda haid ini tidak menganggu kesehatannya," katanya, mengawali program Bincang Serambi Ramadhan, Kamis (21/4/2022).

Program yang memangkat tema "Hukum Minum Obat Penunda Haid dan Fidyah Puasa Ramadhan” ini dipandu presenter Ulfa Jazila, yang disiarkan di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Program khusus kerja sama Serambi Indonesia dengan Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh ini hadir setiap hari pukul 16.30 WIB selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Berhubungan Suami Istri Pada Siang Hari saat Ramadhan Wajib Membayar Kafarat, Ini kata Tgk Safaini

Baca juga: Tgk Mustafa Husen Woyla Jelaskan Makna Keihklasan dan Keridhaan dalam Bincang Serambi Ramadhan

Namun Abi Peurupok mengatakan, jika meminum obat penunda haid tersebut dapat menimbulkan mudharat bagi dirinya, maka haram hukumnya untuk dilakukan.

Kendati demikian, Abi Peurupok  menegaskan sangat tidak dianjurkan meminum obat penunda haid untuk puasa Ramadhan.

"Tidak dianjurkan. Kenapa? karena Allah sudah mensyariatkan hukum ini tentang baik buruknya,” jelas alumni Dayah Budi Lamno ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved