Breaking News:

Salam

Kapan Israel Mau Menghormati PBB?

PBB kembali menyerukan pihak berwenang Israel supaya membatalkan keputusan hukum yang memerintahkan pengusiran 1.300 warga Palestina

Editor: bakri
HAZEM BADER / AFP
Pasukan Israel berjaga-jaga ketika wanita Palestina menangis histeris melihat pembongkaran rumah mereka, yang terletak di dalam "Area C" Tepi Barat yang diduduki, di mana Israel mempertahankan kendali penuh atas perencanaan dan konstruksi, di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki pada 28 Desember 2021. 

PBB kembali menyerukan pihak berwenang Israel supaya membatalkan keputusan hukum yang memerintahkan pengusiran 1.300 warga Palestina pemukim Perbukitan Hebron Selatan di Tepi Barat.

Adalah Mahkamah Agung Israel yang mengeluarkan keputusan itu belum lama ini sehingga memicu pergolakan.

"Karena semua upaya hukum domestik telah habis, masyarakat sekarang tidak terlindungi dan berisiko mengungsi," kata Koordinator Kemanusiaan dan Kediaman PBB di Wilayah Pendudukan Palestina, Lynn Hastings.

Keputusan itu memperburuk nasib lebih seribu warga Palestina, termasuk 500 anak-anak.

Hingga kemarin Israel belum ada tanda-tanda akan merespon positif seruan PBB itu.

Bahkan, ancaman pengusiran paksa makin nampak jelas, meski berbagai pihak menentang keputusan Mahkamah Agubg Israel yang dinilai bertentangan dengan hak azasi sipil.

Uni Eropa menegaskan, "Di bawah hukum internasional, pemindahan paksa individu atau massal dan deportasi orang-orang yang dilindungi dari wilayah pendudukan dilarang, terlepas dari motif mereka.

Sebagai kekuatan pendudukan, Israel memiliki kewajiban untuk melindungi penduduk Palestina dan tidak menggusurnya.

" Asosiasi Hak Sipil di Israel (ACRI), bersama dengan penduduk Masafer Yatta, mengajukan petisi menentang pengusiran dan mengatakan putusan itu akan memiliki konsekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Pasukan Israel Tembak Mati Pemuda Hebron, Balas Dendam Kematian 11 Warga Yahudi

Baca juga: VIDEO Kondisi Terkini Masjid Ibrahim Hebron Palestina, Lokasi Diyakini Terdapat Makan Nabi Ibrahim

PBB sendiri sudah berulang-ulang meminta pihak berwenang Israel untuk menghentikan pengusiran warga Palestina dari rumahnya di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved