Breaking News:

Berita Langsa

Polres Langsa Ringkus 2 Tersangka Perdagangan Tulang Gajah, 5 Karung Goni Berisikan Tulang Disita 

Satuan Reserse Kriminal Polres Langsa berhasil mengungkap kasus tindak pidana memperniagakan bagian tubuh satwa dilindungi jenis gajah.

Penulis: Zubir | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Kasat Reskrim Polres Langsa, Iptu Imam Aziz Rachman, STK didampingi pihak dari BKSDA (kiri), saat memperlihatkan tulang gajah yang disita dari 2 tersangka. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Satuan Reserse Kriminal Polres Langsa berhasil mengungkap kasus tindak pidana memperniagakan bagian tubuh satwa dilindungi jenis gajah.

Dalam kasus ini, aparat meringkua dua tersangka yakni MA (37), alamat Alue Tho, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur/Lr Utama Gampong PB Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro.

Lalu, ZU (41), warga Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Keduanya berperan sebagai pembawa tulang gajah yang sudah mati.

Sedangkan satu tersangka lainnya berinisial AD, warga Aceh Timur masih dalam pengejaran dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Pengungkapan kasus satwa dilindungi ini disampaikan Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Imam Aziz Rachman, STK saat menggelar konferensi pers di halaman Mapolres, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: VIDEO Polres Langsa Amankan 2 Tersangka dan 5 Karung Goni Berisikan Tulang Gajah

Kasat Reskrim menjelaskan, dalam pengungkapan tindak pidana memperniagakan, menyimpan, memiliki kulit, tubuh atau bagian bagian lain satwa yang dilindungi itu, pihak Kepolisian menyita 5 karung goni berisikan tulang-belulang gajah dengan berat ratusan kilogram.

Dia merincikan, penangkapan dua tersangka berawal pada tanggal 10 Juni 2022 sekira pukul 21.00 WIB, polisi mendapatkan informasi dari masyarakat.

Bahwa ada dua tersangka yakni MA dan ZU, hendak menjual tulang gajah yang sudah mati yang dimasukkan ke dalam 5 karung goni warna putih.

Tim yang bergerak mengamankan kedua pelaku dan barang bukti 5 karung goni berisikan tulang gajah, di Jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur.

"Waktu itu, tersangka MA dan ZU saat itu sedang mengendarai sepmor membawa tulang gajah yang sudah mati ini," ujarnya.

Iptu Imam Azis menambahkan, kedua tersangka akan membawa tukang gajah itu ke rumah tersangka AD yang kini DPO tersebut.

Baca juga: Dua Tersangka Pembawa Tulang Gajah Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara, Penjual & Pembeli Jadi DPO

Kedua tersangka mengaku tulang gajah yang sudah mati itu mereka peroleh dari AM (nama panggilan), yang beralamat di Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved