Breaking News:

Fenomena Astronomi

Sejumlah Fenomena Alam Hiasi Langit di Bulan Juli Ini, Mulai dari Supermoon sampai Hujan Meteor

Ada sejumlah fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Juli tahun 2022 ini. Di antaranya Supermoon, komet raksasa...

Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBI/BUDI FATRIA
Fenomena "Supermoon" diabadikan dari Masjid di Gampong Pango Raya, Banda Aceh. 

SERAMBINEWS.COM - Ada sejumlah fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Juli tahun 2022 ini.

Di antaranya Supermoon, komet raksasa, sampai hujan meteor di akhir bulan.

Sebagaimana yang dikutip dari Science Times (05/07/2022), ada beberapa fenomena astronomi yang terjadi sepanjang bulan Juli 2022.

Seperti Supermoon, komet raksasa yang melintasi Bumi dan pertunjukan hujan meteor.

Berikut ini beberapa fenomena astronomi sepanjang Juli 2022:

1. Super Thunder Moon (Bulan Gemuruh)/ Buck Moon (Bulan Kijang) - 13 Juli 2022

The "Buck Moon" atau "Thunder Moon" akan mengawali fenomena astronomi yang terjadi bulan Juli 2022 ini. Fenomena Bulan Purnama Super ini akan terjadi pada tanggal 13 Juli pukul 02:37 Eastern Daylight Time (Wilayah Amerika dan sekitarnya).

Pada pukul 05:06 pagi, bulan akan memasuki Perige (kondisi ketika Bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi). Ini akan menghasilkan fenomena " supermoon" bulan purnama atau full moon yang terlihat lebih besar dari biasanya.

Pengamat gerhana NASA, Fred Espenak mengatakan kepada Space.com bahwa itu adalah yang ketiga dari supermoon atau bulan purnama yang terjadi secara berturut-turut.

Penamaan Bulan Gemuruh atau Thunder Moon yang terjadi pada bulan Juli ini adalah karena terkadang terjadi badai petir selama musim panas.

Menurut The Farmer's Almanac, Bulan Purnama di bulan Juli ini juga punya sebutan lain, seperti Buck Moon (Bulan Kijang), Salmon Moon (Bulan Salmon) dan Halfway Summer Mooni.

2. Komet C/2017 K2 (PanSTARRS) - 14 Juli 2022

Usai pertunjukan bulan Purnama Super, Anda pertunjukkan langit malam di bulan Juli 2022 ini juga bakal diramaikan komet yang melintas.

Beberapa astronom mengungkapkan bahwa komet "raksasa" bernama C/2017 K2 (PanSTARRS) sedang menuju ke Matahari. Komet yang ditemukan pada tahun 2017 oleh teleskop PanSTARRS ini semakin mendekati Bumi saat perjalanannya menuju Matahari.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved