Breaking News:

Kupi Beungoh

Pendidikan Seks Pada Anak Antisipasi Pelecehan Seksual, Pemerkosaan dan Pergaulan Bebas

Pendidikan Seks Ini penting untuk menjaga salah satu tujuan dari syariat Islam yaitu menjaga keturunan dan kehormatan umat Islam.

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh. 

Oleh: Dr. Ainal Mardhiah, S.Ag, M Ag.

Pengertian Pendidikan Seks

Seks yang saya maksud dalam tulisan ini adalah jenis kelamin, pendidikan seks yang saya maksud adalah pengetahuan tentang diri manusia baik laki-laki maupun perempuan.

Tugas dan kewajiban seorang laki dan perempuan dihadapan sesama manusia dan dihadapan Allah SWT, bukan aktivitas seksual.

Seperti yang disebutkan dalam Kamus Bahasa Indonesia seks atau jenis kelamin adalah spesies makhluk hidup yang terbagi menjadi varian laki-laki dan perempuan.

Pentingnya Pendidikan Seks Pada Anak Dalam Islam.

Pendidikan Seks Ini penting untuk menjaga salah satu tujuan dari syariat Islam yaitu menjaga keturunan dan kehormatan umat Islam.

Pendidikan seks harus di dapatkan oleh anak sebelum baligh, baik anak laki-laki maupun perempuan, agar ketika anak sampai waktunya baligh mereka sudah pandai menjaga diri dan menjaga syari'at.

Baca juga: MENGAJAR Dengan Pendekatan Gaya Belajar Anak Didik,  Akan Lebih Menarik dan Efektif

Yang Bertanggung Jawab Terhadap Pendidikan Seks Pada Anak.

Pendidikan seks Ini dapat diberikan oleh oleh orang tua di rumah, dan bekerjasama dengan sekolah, lebih baik lagi jika dimasukkan dalam  kurikulum yang di belajarkan di sekolah.

Dengan cara Ini akan lebih efektif mengingat kebiasaan anak, lebih mendengar orang lain dalam hal ini gurunya, ustadznya, dibanding penjelasan dari orang tuanya.

Alasan lainnya karena anak lebih banyak berada di sekolah terutama sekolah yang fullday dan boarding dengan gurunya dibandingkan di rumah hanya sisa waktu.

Baca juga: ISLAM Melarang SIKAP TENTATIF Terhadap Keyakinan Agama

Manfaat Pendidikan Seks Pada Anak

Ini dimaksudkan agar anak paham akan tugas dan tanggung jawab masing-masing nanti di masa depan, paham akan pentingnya menjaga diri, kemudian anak paham tentang pentingnya menjaga identitas dan kesucian yang dimilikinya, anak mengerti  jika ada indikasi kekerasan seksual, bisa segera mencari perlindungan kepada orang terdekat.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved