Breaking News:

Salam

Selamatkan Petani Sawit!

Harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani di 10 daerah produsen kelapa sawit Aceh, terus turun hingga Rp 600/Kg, dari sebelumnya di atas

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Petani sawit Kabupaten Simeulue mengeluh murahnya harga sawit saat ini hanya Rp 1.100 hingga Rp 1.200 per kilogram, Senin (16/5/2022). 

Harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani di 10 daerah produsen kelapa sawit Aceh, terus turun hingga Rp 600/Kg, dari sebelumnya di atas 1.000/Kg.

Salah satu sebabnya karena ekspor crude palm oil (CPO) Indonesia belum pulih, meski kran ekspor sudah dibuka kembali sejak 23 Mei 2022.

“Harga TBS kelapa sawit petani sampai minggu kedua bulan Juli 2022 terus menurun.

Begitu juga harga jual CPO di dalam negeri, kondisi ini ada kaitannya dengan belum membaiknya volume ekspor CPO Indonesia,” kata Sekretaris Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Aceh, Fakhri Abd Rahim.

Selain itu, katanya, daya beli CPO di dalam negeri juga masih rendah, baik oleh pabrik minyak goreng maupun PT Pertamina selaku produsen biosolar/biodiesel.

Sehingga, kini CPO menumpuk di pabrik-pabrik kelapa sawit (PKS).

Laporan-laporan pekan lalu, sejumlah PKS bahkan terpaksa menghentikan produksi CPO karena tangki-tangki penyimpanan mereka sudah terisi penuh semua.

Sesungguhnya, ada beberapa faktor yang membuat harga TBS sawit anjlok saat ini.

Salah satunya akibat harga CPO global yang mengalami penurunan sehingga berdampak pada harga pembelian oleh perusahaan.

Jadi, turunnya harga TBS yang kini mencapai hingga Rp 500/kg merupakan dampak bola salju dari kebijakan-kebijakan sebelumnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved