Breaking News:

Kupi Beungoh

Menangkap Pesan Pancasila dalam Pidato Politik Surya Paloh

Surya Paloh mengungkapkan keresahan yang terjadi dalam satu dasawarna ini dimana dua pilpres terakhir telah menciptakan banyak perpecahan

Editor: Muhammad Hadi
hand over dokumen pribadi
Safaruddin SH, Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Wisnuwardhana Malang | Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh | Ketua DPD Ikatan Advokat Indonesia ( Ikadin) Aceh | Email: nyaktafar@yahoo.com 

Oleh: Safaruddin SH *)

“Bagi saya pribadi, lebih baik tidak ada Pemilu jika itu hanya memberikan konsekuensi perpecahan pada bangsa ini”,

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Nadem, Surya Dharma Paloh, dalam orasi ilmiah promovendus pemberian gelar Doktor Hormatan (Honoris Causa) di Universita Brawijaya.

Saya menangkap semangat nasionalisme yang tinggi dalam kalimat tersebut, Pemilu memang amanah konstitusi sebagaimana di atur dalam pasal 22E UUD 1945.

Namun UUD 1945 merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang dikandung dalam Pancasila khususnya pasal 3 dalam kaitan orasi ilmiah Surya Paloh.

Yaitu persatuan bagi seluruh rakyat Indinesia dimana mengandung nilai bahwa Indonesia menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan serta keselamatan bangsa dan negara atas kepentingan pribadi dan golongan.

Baca juga: Aceh Butuh Konsolidasi Ekonomi, Kepemimpinan yang Kuat dan Stabilitas Politik

Persatuan Indonesia terkait dengan paham kebangsaan untuk menwujudkan tujuan nasional.

Persatuan dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika, dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bangsa.

Pancasila juga dijadikan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, oleh karena itu saya menangkap pesan Pancasila dalam orasi Surya Paloh tersebut.

Dalam penyampaian orasi tersebut ,Surya Paloh mengungkapkan keresahan yang terjadi dalam satu dasawarna ini dimana dua pilpres terakhir telah menciptakan banyak perpecahan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved