Breaking News:

Berita Bireuen

Masjid Kota Juang Bireuen di Donggala Sulteng Diresmikan, Begini Kisah Awal Pembangunannya

H Mukhlis menambahkan, dari awal pembangunan hingga selesai dengan segala keterbatasan, masjid tersebut rampung dibangun dalam kurun waktu enam bulan.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Saifullah
Dok Humas
Masjid Kota Juang bantuan masyarakat Bireuen di Desa Labaro, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah rampung dibangun. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Satu mesjid megah bernama Masjid Kota Juang, Bireuen dibangun di Desa Limbaro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Masjid megah tersebut merupakan sumbangan masyarakat Bireuen.

Masjid tersebut diresmikan pada Selasa (2/8/2028), oleh Bupati Donggala, Dr Drs Kasman Lassa, SH, MH, bersama Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi, Direktur PT Takabeya Perkasa Group.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Kota Juang, Bireuen di Donggala, H Mukhlis yang juga Direktur PT Takabeya Perkasa Group kepada Serambinews.com, Selasa (2/8/2022), menceritakan sejarah berdirinya masjid itu.

H Mukhlis yang juga Ketua KONI Bireuen mengatakan, pembangunan masjid tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Bireuen terhadap dampak dari bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018.

Gempa bumi di Donggala Sulawesi Tengah pada 28 September 2018, memporak-porandakan harta benda masyarakat, termasuk masjid.

Baca juga: Bupati Bireuen Bersama Takabeya Resmikan Masjid Kota Juang di Donggala

Hal ini membuat Bupati Bireuen kala itu, almarhum H Saifanur, SSos terenyuh dan sangat sedih atas masyarakat di sana yang tertimpa musibah.

Atas keprihatinan itu, maka Bupati Bireuen kala itu, (alm) H Saifannur, SSos berkonsultasi dengan  H Mukhlis yang notabene adalah adik kandungnya. 

Pengusaha sukses H Mukhlis dipercaya selaku ketua tim penggalangan dana dalam kegiatan amal yang bertajuk “Malam Galang Amal Gempa bumi dan Tsunami Palu dan Donggala”.

Penggalangan dana untuk Palu di-support  PT Takabeya Perkasa Grup, KONI, DKA, para guru, mahasiswa, dan sejumlah elemen masyarakat Bireuen.

Selain itu, dukungan juga datang dari Pemkab Bireuen yang menggalang dana dari para ASN.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan pada 10 September 2021, dan mulai dibangun pada awal bulan Februari tahun 2022.

Baca juga: VIDEO Bupati Bireuen Resmikan Masjid Kota Juang di Donggala Sulteng

H Mukhlis menambahkan, dari awal pembangunan hingga selesai dengan segala keterbatasan, masjid tersebut rampung dibangun dalam kurun waktu enam bulan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved