Breaking News:

Jurnalisme Warga

Menggali Makna Intangible Koin Teluk Samawi

‘Intangible’ dalam bahasa Indonesia dimaknai sebagai aset tak berwujud atau aset nonmoneter yang membawa manfaat ekonomi ke masa depan

Editor: bakri
Menggali Makna Intangible Koin Teluk Samawi
FOR SERAMBINEWS.COM
FARHAN ZUHRI BAIHAQI, Tenaga Ahli Bidang Adat da Kebudayaan Pemko Lhokseumawe serta Koordinator Komunitas Teluk Samawi, melaporkan dari Lhokseumawe

OLEH FARHAN ZUHRI BAIHAQI, Tenaga Ahli Bidang Adat da Kebudayaan Pemko Lhokseumawe serta Koordinator Komunitas Teluk Samawi, melaporkan dari Lhokseumawe

SELASA lalu saya memoderatori diskusi Hasil Kajian Numismatik Teluk Samawi dengan tema Menggali Makna Intangible Koin Teluk Samawi.

‘Intangible’ dalam bahasa Indonesia dimaknai sebagai aset tak berwujud atau aset nonmoneter yang membawa manfaat ekonomi ke masa depan.

Narasumber pada presentasi kajian ini adalah Dr Saifuddin Dzuhri Lc, MA, Hermansyah MTh, MHum, dan Yudi Andika SS.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemko Lhokseumawe.

Pesertanya seratusan orang, terdiri atas berbagai kalangan, baik itu praktisi budaya, akademisi, mahasiswa, Rapa-i Rukon Group, serta kalangan lainnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemko Lhokseumawe, Drs Ibrahim A Rahman MPd.

Melalui Kabid Kebudayaan Zul Afrizal MA atau yang lebih dikenal dengan Joel Pase mengungkapkan kajian terhadap koin Teluk Samawi ini telah berlangsung selama tiga bulan terkahir.

Lalu, apa yang mendasari koin Teluk Samawi menjadi sebuah kajian yang unik untuk ditelaah? Menurut Dr Saifuddin Dzuhri yang merupakan Dosen FUAD IAIN Lhokseumawe, dulu Teluk Samawi yang sekarang dikenal dengan Kota Lhokseumawe pernah menjadi pusat pemerintahan di akhir kekuasaan Kerajaan Aceh.

Saat itu Sultan Jauharul 'Alam Syah bin Muhammad Syah pindah ke Teluk Samawi dari kota pemerintahannya, Bandar Aceh Darussalam.

Baca juga: Teluk Samawi dan Teluk Jakarta, Bandar Niaga Masa Lalu

Baca juga: Rapai Uroeh Dari Teluk Samawi di Bandar Sumatera

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved