Breaking News:

Salam

Pamer Elektabilitas Capres Ala Surveyor

Beberapa lembaga telah melakukan survei terkait perkiraan kandidat yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024

Editor: bakri
Kompas TV
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) 

Beberapa lembaga telah melakukan survei terkait perkiraan kandidat yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dari hasil, survei lembaga-lembaga yang mengaku independen itu telah menampatkan tiga nama terdepan, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, di samping beberapa nama lainnya seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Sandiaga Uno, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa.

Nama-nama itu antara lain muncul dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia pada 16-22 Mei 2022 untuk mengukur elektabilitas figur kuat yang masuk bursa Pilpres 2024.

Hasil lengkapnya, tingkat elektabilitas figur-figur adalah Ganjar Pranowo 26,9 persen, Prabowo Subianto 22,5 persen, Anies Baswedan 16,8 persen, sedangkan yang lainnya kurang dari lima persen.

Lalu, survei Lembaga Charta Politika yang dilakukan pada 12-20 Juli 2021 hasilnya adalah Ganjar Pranowo 20,6 persen, Anies Baswedan 17,8 persen, dan Prabowo Subianto.

“Namun, Prabowo Subianto memiliki tingkat popularitas tertinggi ketimbang tokoh lain yang potensial jadi capres pada Pilpres 2024.

"Angka popularitas paling tinggi adalah Prabowo Subianto, lalu kemudian disusul Anies Baswedan," kata Charta Politika.

Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) bertajuk Persepsi Publik atas Kebijakan Politik Situasional dan Regenerasi Kepemimpinan 2024, menempatkan Anies Baswedan sebagai peraih elektabilitas tertinggi.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo Tembus 30 Persen Hasil Survei Indonesia Polling Stations

Baca juga: Stop Berkampanye, Jokowi Minta Sejumlah Menteri Fokus Kerja, 4 Sosok Ini Miliki Elektabilitas Capres

Dalam survei yang dilakukan IPO pada periode 23-28 Mei 2022, tingkat elektabilitas Anies Baswedan 26,92 persen, Prabowo Subianto 22,7 % , dan Ganjar Pranowo dengan perolehan 19,3 % suara.

Ada pula nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 10,6 % , selain dari itu kurang dari 5 persen.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved