Breaking News:

Berita Pemilu

Prabowo Dinilai di Atas Angin jika Ganjar dan Anies Tak Maju Pilpres

Pengamat politik dari Trias Politika Agung Baskoro mengatakan, sampai saat ini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih diuntungkan

Editor: bakri
Tribun Manado
Kolase Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang punya hasil survei imbang capres 2024 dari hasil survei Litbang Kompas. 

JAKARTA - Pengamat politik dari Trias Politika Agung Baskoro mengatakan, sampai saat ini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih diuntungkan jika tokoh-tokoh seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan tidak masuk dalam persaingan Pemilihan Presiden (pilpres) 2024.

"Untuk sementara ini, kans Prabowo maju dalam Pilpres dan memenangkan pertarungan cukup besar ketika nama-nama besar seperti Ganjar dan Anies tak masuk arena," kata Agung saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Menurut Agung, saat ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) belum menunjukkan sikap siapa kader yang akan mereka dukung dalam Pilpres 2024 mendatang.

Di sisi lain, di internal PDI-P juga terasa persaingan antara kubu Ganjar dan Puan Maharani.

"Sampai hari ini di internal PDI-P, Ganjar mendapat perlawanan keras dari faksi Puan yang digalang Bambang Pacul (Bambang Wuryanto)," ucap Agung.

Sementara itu, lanjut Agung, untuk poros yang diperkirakan bakal mengusung Anies Baswedan sampai hari ini juga belum mencapai titik temu.

Sebab, Partai Nasdem, kata Agung, terlihat masih tarik ulur dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Partai Demokrat demi memenuhi persentase ambang batas pilpres sebagai syarat mengusung calon presiden.

"Anies sendiri bersama Nasdem belum cukup untuk memenuhi ambang batas pilpres (presidential threshold) bersama poros Gondangdia yang belum terbentuk sampai saat ini bersama PKS dan Demokrat," ujar Agung.

Baca juga: Prabowo Subianto Umumkan Maju Jadi Calon Presiden Pada Pilpres 2024: Saya Siap Terus Berjuang

Baca juga: PKS Masih Lirik Prabowo, Tak Kapok Koalisi dengan Gerindra

"Artinya dalam situasi sekarang, Prabowo diuntungkan walaupun pertarungan Pilpres masih lama dan poros-poros koalisi tergantung dari manuver PDI-P," lanjut Agung.

Di sisi lain, Partai Gerindra mulai kemarin menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. (kompas.com)

Baca juga: Prabowo Siap Maju Capres untuk Ketiga Kalinya

Baca juga: Elektabilitas Prabowo Tembus 30 Persen Hasil Survei Indonesia Polling Stations

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved