Breaking News:

Opini

Dukung Ibu Menyusui

Bisa mengandung selama sembilan bulan, dilanjutkan dengan menyusui selama dua tahun menjadi kebahagiaan yang luar biasa

Editor: bakri
Hand-over dokumen pribadi
dr ASLINAR Sp A M Biomed,  Ketua Aceh Peduli ASI, Pengurus IKMI Pusat & Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama 

OLEH dr ASLINAR Sp A M Biomed,  Ketua Aceh Peduli ASI, Pengurus IKMI Pusat & Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

SETIAP perempuan yang sudah menikah tentu sangat mengharapkan kehadiran buah hatinya.

Bisa mengandung selama sembilan bulan, dilanjutkan dengan menyusui selama dua tahun menjadi kebahagiaan yang luar biasa.

Menyusui adalah suatu kewajiban sekaligus hak seorang perempuan yang harus dipenuhi.

Kewajiban menyusui seorang ibu tercantum dalam kitab suci Al Quran surat Al Baqarah ayat 233 yang berbunyi, ”Hendaklah para ibu menyusui bayinya sampai usia 2 tahun..”.

Sedangkan hak ibu untuk menyusui berarti bahwa setiap ibu harus diberikan kesempatan seluas luasnya untuk memberikan asupan makanan yang terbaik buat bayinya.

Menyusui sering dianggap sebagai hal yang biasa dan mudah saja sehingga masih banyak ibu yang tidak (tidak tahu atau tidak mau) mencari ilmu pengetahuan seputar ASI dan menyusui.

Padahal sangat banyak permasalahan yang bisa timbul pada ibu menyusui.

Bila masalah tidak diatasi dengan tepat dan cepat, akan berpengaruh terhadap kondisi bayi dan juga ibunya termasuk berpengaruh terhadap kondisi mental ibu.

Kesehatan mental adalah suatu kondisi dimana batin seseorang berada dalam kondisi tentram dan tenang sehingga memungkinkan orang tersebut untuk menikmati kehidupannya sehari hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Baca juga: Ini 12 Kumpulan Mitos dan Fakta Seputar ASI dan Menyusui, Bunda Wajib Tahu

Baca juga: Aceh Peduli ASI Bagikan Paket untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Kurang Mampu

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved