Breaking News:

Pemilu 2024

Panwaslih Bireuen Serahkan 5.066 Potensi Data Ganda Keanggotaan Partai Politik ke KIP

Berkas diterima anggota KIP Bireuen, Amiruddin, didampingi Kepala Sekretariat KIP, Saifuddin, berkas tersebut disampaikan sebagai bahan masukan dalam

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto Panwaslih
Panwaslih Bireuen menyerahkan data belum akurat adalah hasil pencermatan akun Sipol Bawaslu kepada KIP Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Panwaslih Bireuen, Kamis (25/08/2022) menyerahkan dokumen berisi 5.066 dugaan data ganda keanggotaan partai politik di Bireuen.

Temuan data yang diduga belum akurat adalah hasil pencermatan akun Sipol Bawaslu kepada KIP Bireuen.

Anggota Panwaslih Bireuen, Desi Safnita, Jumat (26/08/2022) mengatakan, data tersebut berasal dari 30 partai politik baik nasional maupun lokal yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap dan diterima, serta keanggotaan nya tercatat di Kabupaten Bireuen.

Berkas diterima anggota KIP Bireuen, Amiruddin, didampingi Kepala Sekretariat KIP, Saifuddin, berkas tersebut disampaikan sebagai bahan masukan dalam proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KIP Kabupaten Bireuen.

Panwaslih Lhokseumawe Gelar Rakor, Beberkan Bentuk Ketidaknetralitas ASN Pada Pemilu 2019

Data tersebut didapatkan dari hasi pencermatan yang dilakukan oleh tim Panwaslih Bireuen melalui akun sipol yang diberi akses oleh Bawaslu.

"Kita berusaha mencermati dan mengindentifikasi potensi dugaan data ganda anggota partai semaksimal mungkin, di samping pengawasan pelaksanaan verifikasi administrasi di kantor KIP," jelas Desi.

Adapun tahapan verifikasi administrasi yang berlangsung sejak 16 hingga 29 Agustus di KIP tersebut dilakukan untuk melihat kesesuaian dan mencocokkan data kepengurusan dan keanggotaan yang di upload ke Sipol oleh pengurus partai politik.

Tangani Pelanggaran Pemilu 2024, Panwaslih Pidie Gandeng Pengadilan Negeri Sigli

"Untuk pengawasan kita juga melalui pencermatan sipol dimaksud untuk mengindentifikasi potensi data ganda keanggotaan parpol baik internal maupun antar parpol," tambah Desi.

Sehubungan dengan sedang berlangsungya tahapan dan proses verifikasi adminitrasi persyaratan partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 yang dilakukan KIP, Panwaslih Bireuen mengimbau kepada KIP dan Partai politik dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk senantiasa memperhatikan ketentuan yang terdapat Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022.

"Kita juga mengimbau KIP dan Parpol dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada tahapan verifikasi administrasi sesuai dengan ketentuan di PKPU 4 Tahun 2022," tandasnya.(*)

Alat Pengolah Kelapa Serba Guna Asal Pidie Peroleh Juara II TTG Tingkat Provinsi Aceh

Istri Pj Bupati Pidie Santuni Anak Yatim di Blang Asan

BREAKING NEWS - Satu Rumah Warga di Kota Sabang Terbakar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved