Breaking News:

Berita Politik

KIP Temukan Banyak Data Keanggotaan Partai belum Penuhi Syarat

KIP menyelesaikan verifikasi administrasi partai politik lokal (parlok) calon peserta Pemilu 2024, yang berlangsung dari 16-26 Agustus 2022.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/HENDRI
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) menyelesaikan verifikasi administrasi partai politik lokal (parlok) calon peserta Pemilu 2024, yang berlangsung dari 16-26 Agustus 2022.

Selama 11 hari, dalam verifikasi administrasi keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu, KIP kabupaten/kota menemukan banyak data keanggotaan yang belum memenuhi syarat (BMS).

"Dalam verifikasi administrasi keanggotaan dari tanggal 16-26 Agustus, KIP kabupaten/kota se-Aceh menemukan banyak data keanggotaan yang belum memenuhi syarat," kata Ketua Devisi Teknis KIP Aceh, Munawarsyah kepada Serambinews.com, Selasa (30/8/2022).

Hal itu dikarenakan adanya potensi BMS ganda keanggotaan eksternal.

Lalu, BMS usia belum 17 tahun, BMS pekerjaan ASN, TNI Polri, kepala desa, dan jabatan lainnya yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, juga ditemukan BMS potensi ganda keanggotaan dan BMS NIK tidak terdaftar dalam daftar pemilih berkelanjutan (DPB).

Baca juga: PAR Gugat KIP Aceh, Tak Terima Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat, Besok Sidang Putusan di Bawaslu

Jika keanggotaan ganda identik muncul NIK dan KTA berulang kali dalam satu parpol, menurut Munawarsyah, tetap dihitung satu yang memenuhi syarat (MS), sedangkan lainnya tidak memenuhi syarat (TMS).

"Jika ganda eksternal dengan partai politik lainnya, maka partai politik menindaklanjuti dengan surat pernyataan dari anggota dimaksud yang menyatakan dirinya sebagai anggota partai politik A dan bukan anggota partai politik B," terang Munawarsyah.

Nah, apabila BMS usia belum 17 tahun, lanjut Munawarsyah, maka dibuktikan dengan surat pernyataan anggota dimaksud telah pernah kawin dengan bukti lampiran akte nikah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved