Breaking News:

Salam

Publik Perlu Cermati RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas kini tengah menjadi sorotan karena dalam usulan itu ada lima perubahan penting, antara lain mengenai Tunjangan Profesi Guru

Editor: bakri
Dok Humas
Sebanyak 400 calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2022 mengikuti tes substantif di kampus Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) yang berlangsung 25-27 Juli 2022. 

RUU Sisdiknas kini tengah menjadi sorotan karena dalam usulan itu ada lima perubahan penting, antara lain mengenai Tunjangan Profesi Guru (TPG) serta program Wajib Belajar 9 Tahun menjadi 13 Tahun.

Lalu, RUU Sisdiknas mengintegrasikan dan mencabut tiga Undang-Undang terkait pendidikan, yaitu Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Menurut Kemendikbudristek latar belakang pembentukan RUU Sisdiknas adalah karena banyak pengaturan dalam UU Sisdiknas dan UU Guru dan Dosen yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Seperti pengaturan tentang cakupan wajib belajar dan jumlah jam mengajar.

Sementara sudah banyak pelajaran yang bisa diambil dari UU Dikti, misalnya pengaturan tentang perguruan tinggi negeri badan hukum.

Lima poin perubahan adalah, pertama; Program Wajib Belajar 13 Tahun dimulai dari 10 tahun pendidikan dasar (prasekolah dan kelas 1-9) lalu 3 tahun pendidikan menengah.

Kedua; Pemerintah mendanai penyelenggaraan wajib belajar.

Satuan pendidikan negeri tidak memungut biaya, namun masyarakat boleh berkontribusi secara sukarela, tanpa paksaan, dan tanpa mengikat.

Ketiga; Nomenklatur Satuan Pendidikan, sekolah, madrasah, pesantren, dan satuan pendidikan keagamaan tingkat dasar dan menengah diatur sebagai bentuk satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah dalam batang tubuh RUU.

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru Dihapus dari RUU Sisdiknas, PGRI: Melukai Rasa Keadilan bagi Para Pendidik

Baca juga: Pasal Tunjangan Profesi Guru Dihapus dalam RUU Sisdiknas, Jutaan Guru Kecewa

Keempat; Standar nasional pendidikan berlaku pada keseluruhan jalur pendidikan formal termasuk untuk pesantren formal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved