Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Pj Bupati Abdya Tinjau Langsung Proses Normalisasi DAS Krueng Pante Pirak

Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, Minggu (04/09/2022), meninjau langsung proses normalisasi daerah aliran sungai (DAS)

Penulis: Taufik Zass | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, meninjau langsung proses normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Gampong Pante Pirak dan Gampong Panton Makmur, Kecamatan Manggeng, Minggu (4/9/2022). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, Minggu (04/09/2022), meninjau langsung proses normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Gampong Pante Pirak dan Gampong Panton Makmur, Kecamatan Manggeng.

Langkah normalisasi tersebut dilakukan seiring dengan sering terjadinya banjir luapan di daerah itu, akibat kondisi sungai yang sudah sangat dangkal dan menyempit.

Ini sebagai mana disampaikan tokoh masyarakat setempat kepada Pj Bupati Abdya usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Jamik Baitul Izzah Gampong setempat, Jumat (26/08/2022) lalu.

Saat itu, Pj Bupati Abdya berjanji akan segera memerintahkan Dinas terkait untuk melakukan normalisasi di sepanjang daerah aliran sungai tersebut.

Baca juga: Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Pj Gubernur Aceh

"Alhamdulillah, sesuai janji saya usai shalat Jumat kemarin, hari ini kita sudah turunkan satu unit backhoe (excavator) untuk melakukan normalisasi di daerah aliran sungai ini," kata H Darmansah.

Proses normalisasi daerah aliran sungai dimaksud di kawal langsung oleh Pj Bupati Abdya. Ia berharap dengan dilakukan normalisasi di sepanjang aliran sungai tersebut dapat mencegah terjadinya banjir luapan yang sering melanda kawasan tersebut.

"Mudah - mudahan langkah normalisasi ini dapat mencegah terjadinya banjir luapan yang sudah menjadi langganan di daerah ini," harap putra asal Sawang, Aceh Selatan ini.

Terkait gerak cepat Pj Bupati Abdya dalam mengatasi persoalan banjir di daerah tersebut mendapat pujian dari masyarakat sekitar.

Melalui Serambi mereka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Bupati Abdya yang telah merespon dengan baik persoalan yang dihadapi masyarakat setempat selama ini.

Baca juga: Banjir dan Longsor Landa Aceh, Warga Sapek Minta Dievakuasi

Seperti diberitakan sebelumnya, Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM didampingi Sekda Salman Alfarisi SH meninjau langsung kondisi daerah aliran sungai (DAS) Gampong Pante Pirak dan Gampong Panton Makmur, Kecamatan Manggeng, Jumat (26/08/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Pj Bupati menyimpulkan bahwa banjir luapan yang sering terjadi di daerah aliran sungai tersebut akibat sedimentasi sehingga sungai menjadi dangkal.

"Perlu segera dilakukan pelurusan dan normalisasi," paparnya.

Menurut informasi yang diterima Pj Bupati Abdya dari masyarakat sekitar, imbas dari banjir luapan kerap mengenangi perumahan warga dan lahan persawahan hingga mengakibatkan gagal panen.

"Tadi saya dapat laporan terkait pendangkalan dan penyempitan sungai. Ini patut kita tanggapi segera," kata Pj Darmansah waktu itu.

Baca juga: Abrasi Pantai Susoh Mengganas, Pj Bupati dan DPRK Abdya Temui Pihak Balai

Menurutnya, penanganan segera patut dilakukan mengingat saat ini Abdya dan sekitarnya sedang memasuki musim penghujan. Kondisi ini menurutnya sangat meresahkan warga sekitar aliran sungai akibat dari ancaman banjir luapan.

"Tentu kita tidak ingin ini berlarut. Ini perlu kita tangapi segera. Segera lakukan upaya pengerukan dan perluasan, sebab saat ini kondisi sungai ini sudah dangkal dan menyempit," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Darmansah juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat saat ini Abdya khususnya sedang musim hujan.

"Sambil menunggu penanganan, warga juga tetap waspada, karena saat ini kita sedang musim hujan," pungkasnya.(*)

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Penimbun Solar Subsidi di Nagan Raya, 18 Jeriken BBM dan Dua Mobil Diamankan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved