Breaking News:

Luar Negeri

Sosok Akshata Murty Istri Rishi Sunak, Putri Pengusaha Kaya Dijuluki Bill Gates dari India

Narayana Murty merupakan miliarder India dan salah satu pengusaha paling terkenal di negara itu yang dijuluki "Bill Gates dari India".

Editor: Faisal Zamzami
AFP/TRISTAN FEWINGS
PM baru Inggris Rishi Sunak (kanan) saat masih menjabat Menteri Keuangan bersama istrinya, Akshata Murty (kiri), dalam acara perayaan British Asian Trust di The British Museum, London, 9 Februari 2022. Kekayaan Akshata ditaksir lebih tinggi dari Ratu Elizabeth II. 

SERAMBINEWS.COM - Naiknya Rishi Sunak ke tampuk kekuasaan Inggris telah menarik perhatian di India, bukan hanya karena dia adalah orang Asia pertama yang menjadi Perdana Menteri Inggris.

Istrinya, Akshata Murty, adalah putri dari Narayana Murty.

Narayana Murty merupakan miliarder India dan salah satu pengusaha paling terkenal di negara itu yang dijuluki "Bill Gates dari India".

Sebagai pewaris kekayaan bernilai miliaran, Akshata Murty sempat menjadi sorotan pada awal tahun ini karena berstatus non domisili —penduduk yang domisili permanennya berada di luar Inggris—, sehingga dia tidak perlu membayar pajak penghasilannya yang berasal dari luar Inggris.

Setelah sorotan itu, istri Rishi Sunak ini kemudian setuju untuk membayar pajak Inggris atas pendapatannya di seluruh dunia.

Baca juga: Kisah Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Orangtua Lahir di Afrika, Istri Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth II

Kehidupan sederhana

Terlepas dari kekayaan keluarganya yang luar biasa, kehidupan keluarga Akshata Murty awalnya sederhana.

Dalam sebuah surat kepada putrinya yang diterbitkan sebagai sebuah kompilasi pada 2013, ayahnya mengenang bagaimana dia mendengar kabar kelahiran Akshata Murty di Hubli pada April 1980 dari rekannya karena keluarganya tidak mampu membeli telepon.

“Ayah dan ibumu masih muda saat itu dan berjuang untuk sukses dalam karir kami,” tulis ayahnya.

Ketika baru berusia beberapa bulan, Akshata Murty tinggal bersama kakek-neneknya karena ayah dan ibunya, Sudha Murty, mengejar karir mereka di Mumbai.

Setahun kemudian, Narayana mendirikan Infosys, sebuah perusahaan layanan teknologi informasi yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di India.

 
Sebagai orang tua dengan pencapaian tinggi, Narayana dan Sudha menanamkan kepada kedua anaknya untuk fokus pada pendidikan dan kerja keras.

Narayana mengatakan tidak ada televisi di rumah mereka demi meluangkan waktu untuk "belajar, membaca, berdiskusi, dan bertemu teman".

Baca juga: FAKTA Rishi Sunak Terpilih Jadi PM Inggris, Pria Berdarah India dan Paling Kaya

Akshata Murty kemudian mengambil studi ekonomi dan bahasa Perancis di kampus liberal swasta, Claremont McKenna College di California, AS.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved