Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Palsukan Retribusi Sampah di Banda Sakti dan Muara Dua, Warga Lhokseumawe Terancam 6 Tahun Penjara

“Selain itu, akibat perbuatan tersangka berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Lhokseumawe. Karena selama ini artinya, pihak Dinas LH

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Nurul Hayati
Dok: Polsek Banda Sakti
Kapolsek Banda Sakti Iptu Faisal SH bersama personelnya memperlihatkan sejumlah barang bukti yang diamankan dari pelaku pemalsu surat retribusi sampah di Lhokseumawe, Selasa (15/11/2022). 

“Selain itu, akibat perbuatan tersangka berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Lhokseumawe.  Karena selama ini artinya, pihak Dinas LH setempat telah kecolongan dalam kasus tersebut. Sehingga tidak tahu adanya Kasi pelaku bisa memalsukan surat retribusi palsu,” jelas AKBP Henki Ismanto, kepada Serambinews.com, Selasa (15/11/20220. 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Sementara itu Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto mengatakan, tersangka saat ini masih satu orang. 

Namun, akan terus didalami apakah ada keterlibatan tersangka lainnya dalam perkara ini. 

“Selain itu, akibat perbuatan tersangka berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Lhokseumawe. 

Karena selama ini artinya, pihak Dinas LH setempat telah kecolongan dalam kasus tersebut.

Sehingga tidak tahu adanya Kasi pelaku bisa memalsukan surat retribusi palsu,” jelas AKBP Henki Ismanto, kepada Serambinews.com, Selasa (15/11/20220. 

Kini akibat perbuatannya, tambah AKBP Henki, pelaku telah ditahan di sel tahanan Mapolsek Banda Sakti sejak ditangkap pada Oktober 2022 lalu. 

“Ia terancam dijerat Pasal 378 Jo Pasal 372 Jo Pasal 263 ayat 1 dan 2 Jo 64 KUHP dengan ancaman hukum enam tahun penjara,” demikian AKBP Henki.

Baca juga: Warga Lhokseumawe Diringkus Polisi Karena Palsukan Retribusi Sampah Hingga Raup Rp 11,2 juta

Pelaku diringkus di rumah

RS (40) warga Lhokseumawe diamankan tim Sat Reskrim Polsek Banda Sakti. 

Ia ditangkap 15 Oktober 2022 dirumahnya Desa Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, karena telah memalsukan surat retribusi sampah

Tak hanya itu, polisi juga mengamankan barang bukti satu set perangkat komputer yang digunakan untuk membuat surat setoran retribusi daerah palsu. 

Kemudian 23 lembar surat setoran retribusi daerah palsu, satu unit sepeda motor dan satu lembar surat setoran retribusi daerah palsu asli sebagai pembanding. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved